Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kementerian ESDM Hanya Akan Bagikan 500 Unit Koverter Kit untuk Mobil Dinas
Oleh : Redaksi
Selasa | 04-03-2014 | 15:54 WIB
konverter_kit.jpg Honda-Batam
Skema pemasangan konverter kit pada kendaraan. (Gambar: konversigas.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membagikan 500 unit alat konversi (konverter kit) bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) di kendaraan. Namun, ratusan unit konverter kit itu hanya akan dibagikan secara merata ke semua kendaraan dinas di Indoneesia.

Direktur Jenderal Migas, Edy Hermantoro, dalam konferensi pers, Selasa (4/3/2014), mengatakan, pembagian itu hanya dibatasi untuk kendaraan dinas pemerintah saja, sementara untuk kendaraan pribadi belum dapat diakomodasi.

Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, mengakui, Indonesia terlambat dalam menyediakan konverter kit sehingga program konversi BBM ke BBG pun berjalan lambat. Namun, katanya, pemerintah tidak mungkin mengadakan konverter kit untuk semua kendaraan melalui uang negara, karena jumlah kendaraan terlalu banyak. 

"Kita terlambat menyediakan konveterkit tapi tidak mungkin disediakan APBN. Ada ribuan itu. Tapi kita berikan insentif gas jauh lebih murah setara setara liter BBM," katanya seperti dilansir tambang.co.id. (*)

Editor: Roelan