Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wanita Minum Kopi, Dapat Cegah Kanker Payudara
Oleh : Redaksi/GSBS/TN
Sabtu | 14-05-2011 | 14:12 WIB

Batam, batamtoday - Para peneliti menyatakan mengonsumsi kopi bagi wanita dalam jumlah tertentu setiap harinya dapat menurunkan risiko terjangkit suatu jenis kanker payudara.

Peneliti dari Swedia menemukan hubungan antara asupan kopi 5 cangkir atau lebih dalam sehari dengan adanya penurunan non-hormone-responsive yang dikenal dengan sebagai ER-negative. Namun, tampaknya kopi tidak dapat menurunkan risiko berkembangnya ER-positive dari kanker payudara, yaitu suatu bentuk hormone-responsive estrogen receptor dari penyakit ini.

Dikatakan peneliti bahwa dengan konsumsi rutin kopi setiap hari mungkin akan dapat melindungi wanita dari ER-negative, yaitu suatu jenis kanker payudara yang bersifat agresif. Namun, jumlah 5 cangkir sehari mungkin merupakan jumlah yang cukup banyak bagi beberapa orang, dan mungkin perlu disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang untuk mengkonsumsi kopi.

Peneliti menambahkan bahwa mereka perlu menggali informasi lebih dalam lagi mengenai manfaat kopi ini, diantaranya jenis kopi apa yang dapat memberikan manfaat maksimal, maupun zat apa yang terkandung di dalam kopi yang memberikan manfaat kesehatan ini. Sehingga diharapkan ke depannya, zat aktif ini dapat diekstrak dari kopi dan dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan kanker payudara.

Penelitian ini dipublikasikan online di Breast Cancer Report edisi 11 Mei 2011, dan melibatkan 5.929 wanita Swedia yang berusia 50-74 tahun. Diketahui bahwa dari para wanita ini, mereka yang minum 5 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko kanker payudara ER-negative 33-57% lebih kecil daripada mereka yang minum kopi kurang dari 1 cangkir kopi dalam sehari.