Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Survey Calon Karyawan Lewat Akun Facebook
Oleh : Magid
Sabtu | 14-05-2011 | 13:32 WIB
facebook-user.jpg Honda-Batam

Seorang karyawan sedang menggunakan akun Facebook.

Maryland, batamtoday - Situs jejaring sosial Facebook bisa membantu perusahaan modern dalam menentukan calon karyawan dari semua surat lamaran yang diterima Human Resource Departmen (HRD). Hanya dengan mengkroscek akun Facebook atas nama pelamar, seorang HRD dapat mendeteksi kepribadian calon karyawan yang akan direkrut.

Demikian dipublikasikan tim peneliti yang dipimpin Jennifer Golbeck dari University of Maryland, Sabtu, 14 Mei 2011.

Perusahaan yang ingin tahu lebih banyak tentang calon karyawan yang akan direkrut, dapat menganalisa kepribadian individu tersebut melalui profil Facebooknya. Jadi hanya dengan melihat aktivitas akun facebook dan sejumlah informasi mengenai kesukaan, kegiatan favorite hingga kutipan dan keanggotaan organisasi, setidaknya bisa menggantikan tes kepribadian standar yang biasa dilakukan perusahaan pada umumnya.

"Ternyata anda bisa mendapatkan 10 persen dari nilai kepribadian seseorang hanya dengan melihat di Facebook," kata Golbeck, seorang profesor ilmu komputer yang telah menjadi ahli pada studi media sosial.

Jika sebelumnya banyak organisasi atau perusahaan dalam merekrut karyawan selalu menggunakan tes kepribadian, saat anda bisa menggunakan akses Facebook.

"Anda bisa menebak kepribadian seseorang cukup baik di Web Anda tidak perlu mereka untuk mengikuti tes." jelas Golbeck.

Penelitian yang dilakukan Goldbeck mengambil contoh sekitar 300 relawan pemilik akun Facebook. Sasaran survey ditujukan pada informasi tentang kegiatan favorit mereka, acara TV, film, musik, buku, kutipan, dan keanggotaan dalam organisasi politik atau lainnya.

Selain itu, halaman lain yang masuk dalam survey adalah kolom "About Me" dan bagian "uraian". Pekerjaan tidak termasuk update status atau data lain yang hanya tersedia untuk teman online pengguna.

Para peneliti kemudian mengambil tes yang mengukur lima besar ciri kepribadian: keterbukaan terhadap pengalaman, hati nurani, keramahan keterbukaan.