Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bukti Totalitas Seorang Agnes

The Best Of - Agnes is My Name By Agnes Monica
Oleh : redaksi
Jum'at | 13-05-2011 | 06:21 WIB
agnes_is_my_name.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Cover Album Agnes

Batam, batamtoday - Untuk urusan 'betot' suara, nama Agnes Monica dikancah musik tanah air mendapat rating 8 (delapan). Setidaknya hal tersebut merujuk pada penilaian seorang Bens Leo, pakar sekaligus pemerhati musik ternama di Indonesia. Yapp!!! Kali ini kita akan mengulik sedikit mengenai sajian yang disuguhkan oleh biduanita yang dipayungi oleh Aquarius Musikindo, Agnes Monica, dalam kumpulan hits terbaik dara manis berdarah tionghoa ini di peta musik Indonesia yang amat luas dan penuh dengan keanekaragaman. Inilah bukti totalitas seorang Agnes Monica, dalam menapaki kariernya di blantika musik yang sarat persaingan ketat. Sudah siapkah batamtoday clikers untuk menyimak sedikit review album baru yang tergolong The Best Of ini? mari kita mulai dengan siapa Agnes...

Agnes Monica, terlahir dengan nama asli Agnes Monica Muljoto doski di brojolin emaknye di Jakarta, 1 Juli 1986, seorang penyanyi dan artis berkebangsaan Indonesia tentunya (Emang ada yang mau klaim Agnes orang malaysia??). Ia memulai kariernya di industri hiburan pada usia enam tahun sebagai seorang penyanyi cilik.

Selain bernyanyi, Agnes kemudian juga menjadi presenter di beberapa acara televisi anak-anak. Saat menginjak usia remaja, Agnes mulai terjun ke dunia seni peran. Perannya di sinetron Pernikahan Dini (2001) berhasil melambungkan namanya. Agnes kemudian membintangi sederet judul sinetron yang menjadikannya artis remaja dengan bayaran termahal saat itu.

Pada tahun 2003, Agnes merilis album dewasa pertamanya yang berjudul And the Story Goes, yang kembali melejitkan namanya di industri musik Indonesia. Kesuksesannya di tanah air mendorong Agnes memasang target untuk bisa berkarier di kancah internasional. Pada album keduanya yang dirilis pada tahun 2005, Whaddup A'..?!, ia menggandeng penyanyi asal Amerika Serikat Keith Martin untuk berkolaborasi.

Berbicara mengenai prestasi Internasional, Agnes memiliki kebanggaan dan patut dibanggakan, doski sempet dua kali nyabet gelar jawara di ajang Asia Song Festival di Seoul, Korea Selatan, pada tahun 2008 dan 2009. Pada tahun 2010, ia diangkat sebagai salah satu juri pada ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Agnes juga menjadi salah satu pemandu acara pada karpet merah pegelaran American Music Awards 2010 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Next, Agnes membidik pangsa pasar Industri musik international yang persaingannya juga gila-gilaan. Doski berniat mengekor Anggun, yang telah lebih dulu 'beken' di dunia international lewat hits perdananya 'Snow On The Sahara' yang kemudian disusul dengan Hits-hits lainnya. Tapi eiittss...ntar dulu, disini kita nggak ngomongin mbak Anggun. Ini Agnes, dan akhir pekan ini, sedikit akan kita besut satu persatu lengkingan suara Agnes dalam album terbarunya.

Sudah siap??? baiklah,,mari kita mulai. Agnes Is My Name - The Best Of, adalah album studio ke empat, yang resmi diluncurkan awal April kemarin oleh Aquarius Musikindo di perhelatan pasar industri musik tanah air, yang nyata-nyatanya menjadi kiblatnya musik ASEAN. Album ini tentunya dikerjakan dengan sangat matang dan konsep yang memang lumrah untuk seorang penyanyi produktif dan bertalenta seperti Agnes, sehingga pengamat musik dan pakar sekelas Bens Leo mengatakan album ini perfect dan layak koleksi. Mantap kan?

Agnes Is My Name - The Best Of dibuka dengan Hits teranyar 'Paralyzed' yang memiliki ciri khas 'Agnes' banget, hentakan ritme R&B dan sedikit Hip Hop Funk, menambah penegasan bahwa lagu ini cuma cocok dibawain oleh Agnes. Lagu ini bertutur tentang ketaklukkan wanita akan cinta yang kerap datang tiba-tiba dan secara jernih diungkapkan Agnes lewat lirik "Lihat Arogansimu, malah lemah tak berdaya", et dah, cakep banget dah tuh lagu, serius banget-banget earcathching.

Next Track atau track ke dua kita disuguhi Hits dari Album Whaddup A, 'Godai Aku Lagi', yang memang futuristik dalam pengambilan gambar untuk video klipnya. Jika melihat video klip lagu ini, kita seakan melihat Agnes yang bermetamorfosa menjadi 'Rihanna' atau nggak 'Christina Aguilera', yang emang referensi bermusik beliau.

'Tak Ada Logika' menjadi jajaran Hits selanjutnya yang dipasang di track ke tiga. Lagu yang syarat akan nuansa dansa ini juga mencerminkan jati diri Agnes dalam memilih Genre musik. Udah tau dong betapa lagu ini menginspirasi para ABG diluar sono, yang emang gampang banget untuk jatuh dalam kubangan cinta (lebay.com).

Kualitas vokal Agnes yang pernah menang di ajang international kembali dibuktikan pada track ke empat lewat Hits 'Karna Ku Sanggup'. Lagu besutan dewiq (Sang Hits Maker Indonesia) ini, memang pas banget dengan tone nya Agnes. Dewiq sendiri seakan keranjingan untuk memberi tantangan demi tantangan pada Agnes lewat ritme dan nada tinggi dalam menjiwai sebuah lagu. Alhasil 'Karna Ku Sanggup' sempet wara wiri di berbagai tangga lagu Indonesia bahkan hingga ke Manca negara.

Agnes memang bisa dengan mudah mengolah kebisaannya dalam menjiwai lagu sendu, track ke lima, 'Teruskanlah', menjadi pembuktian dari sekian banyak lagu sendu yang sukses di jiwai Agnes, Lagu yang lagi-lagi besutan dewiq ini menuai sukses dalam perolehan RBT (Ring Back Tone) dalam kurun 2010.

'Janji-jani dan Bukan Milikmu Lagi' yang ada di track ke enam dan tujuh, adalah sederet kisah sukses Agnes dalam menggaet fans. Ini semua berkat latihan vokal 6 jam sehari, 7 hari seminggu yang dilakoni Agnes untuk pemantapan kualitas suara. Kalau sudah begini, Agnes mungkin akan disejajarkan dengan Ruth Sahanaya, atau mungkin akan menjadi The Next Big Thingnya Industri musik tanah air.

'Matahariku', 'Tanpa Kekasihku' dan 'Jera' adalah kisah sukses yang lain dari Agnes di percaturan musik Tanah Air. Lagu yang menghiasi track ke delapan, sembilan dan sepuluh ini memiliki tendensi 'melow' blow. menyentuh abissss...

Next lagi cathchy yang juga sempet melambungkan nama agnes adalah 'Bilang Saja' yang ada di track ke sebelas. Lagu ini berirama R&B dan manis dalam lirik, sedikit nakal, mungkin inilah degradasi Agnes dari remaja menuju dewasa.

terakhir adalah hits single 'Cinta Diujung Jalan' yang memang memberikan -lagi lagi- nuansa termehek-mehek. Tapi serius lagu ini banyak banget yang suka. Kekuatan vokal Agnes dan lirik lagu menyatu dan memberikan warna khas banget bagi lagu ini.

Track List Album
Agnes Is My Name - The Best Of (2011)
Aquarius Musikindo

01 Paralyzed
02 Godai Aku Lagi
03 Tak Ada Logika
04 Karena Ku Sanggup
05 Teruskanlah
06 Janji-Janji
07 Bukan Milikmu Lagi
08 Matahariku
09 Tanpa Kekasihku
10 Jera
11 Bilang Saja
12 Cinta Di Ujung Jalan