Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Program Terobosan di SMPN 5 Tanjungpinang Tak Sepenuhnya Gratis
Oleh :
Rabu | 05-02-2014 | 14:30 WIB
P1200831.JPG Honda-Batam
Irmalinda, Kepala SMP Negeri 5 Tanjungpinang. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Program terobosan di SMP Negeri 5 Tanjungpinang tak sepenuhnya gratis. Untuk mendapatkan tambahan pelajaran sebagai persiapan menghadapi ujian nasional (UN) itu, siswa harus membayar Rp100 ribu.


Namun, tak semua siswa dipungut uang terobosan. "Seperti anjuran Bapak Kepala Dinas, kita sudah menyepakati hal ini bersama komite dan wali murid. Mereka setuju. Dan kita juga melakukan subsidi silang. Jadi, siswa yang tidak mampu tidak kita pungut," kata Irmalinda, Kepala SMP Negeri 5 Tanjungpinang, kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (5/2/2014). 

Dia menerangkan, uang sebesar Rp100 ribu itu keseluruhannya juga digunakan untuk siswa dalam melaksanakan terobosan.

Selain program terobosan, pihak sekolah juga menerapkan program tutor sebaya untuk membantu siswa. Sebagian uang dari Rp100 ribu itu dipergunakan untuk memberikan uang transportasi kepada teman yang menjadi tutor siswa lainnya. 

"Kita tidak ada mengambil keuntungan apapun. Dana yang kita minta itu sudah kita plotkan ke masing-masing, mulai dari dana tambahan untuk guru, dan pentingnya yaitu untuk tutor sebaya yang mengajarkan mereka," terang Irmalinda. 

Dia menjelaskan, program tutor sebaya ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman belajar kepada siswa dan untuk mengantisipasi siswa-siswi yang kurang aktif atau malu bertanya kepada guru. "Jadi, dengan adanya tutor sebaya mereka lebih terbuka dan bisa belajar dengan nayaman," kata Irmalinda. (*)

Editor: Roelan