Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polsek Lubuk Baja Amankan Lima Mobil Pelangsir Solar Saat Hendak Antre di SPBU
Oleh : Hendra Zaimi
Senin | 03-02-2014 | 10:55 WIB
Lubuk Baja Solar.jpg Honda-Batam
Kapolsek Lubuk Baja, Kompol Aris Rusdiyanto menunjukkan salah satu mobil pencoleng solar yang berhasil ditangkap.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Buser Polsek Lubukbaja berhasil menangkap lima unit mobil pelangsir solar yang sedang parkir di depan BPR Cosmic, Baloi, Sabtu (1/2/2013) pagi. Kelima mobil pencoleng ini hendak mengantre BBM di SPBU yang tak jauh dari lokasi penangkapan.

Kelima mobil pencoleng solar ini berupa taksi hijau Toyota Corolla BP 1130 ZU, taksi hitam Toyota Corolla BP 1740 ZM, taksi hitam Toyota Corolla BP 1756 ZU, taksi hitam Toyota Corolla BP 1291 QX, dan Mitsubishi Pajero Hijau BM 77 XD.

"Kelima mobil pencoleng solar ini ditangkap ketika sedang parkir di depan BPR Cosmic. Mereka hendak mengantre BBM di SPBU tak jauh dari lokasi penangkapan," kata Kapolsek Lubuk Baja, Kompol Aris Rusdiyanto, Senin (3/2/2013).

Dari hasil penyelidikan, lanjut Aris, mobil pencoleng ini usai mengisi solar sebanyak Rp100 ribu dari SPBU dan kemudian hendak kembali mengantre di SPBU yang berada di Jalan Bunga Raya, Baloi.

"Dari empat mobil taksi masing-masing baru mengisi solar sebanyak 100 ribu, totalnya sekitar 400 ribu yang baru terisi. Sedangkan mobil Pajero belum sempat mengisi solar," terangnya.

Masih kata Aris, pihaknya tak bisa mengamankan para sopir karena langsung melarikan diri saat petugas kepolisian melakukan penggerebekan kasus pencoleng BBM solar bersubsidi yang gencar dilakukan jajaran kepolisian Polresta Barelang. "Sopir mobil pelangsir langsung kabur saat mengetahui petugas datang," lanjutnya.

Dari dalam mobil pelangsir ditemukan tangki modifikasi yang bisa memuat sekitar 1 ton solar. Mereka biasanya melakukan aksi kejahatan ini dengan modus mengantri BBM di sejumlah SPBU di Batam.

"Tangki modifikasi ini menggunakan alat tambahan yang bisa memompa dari tangki asli mobil, biasanya pelangsir ini bisa memuat penuh tangki tambahan setiap kali beraksi," jelasnya.

Hingga kini, terdapat sebanyak delapan mobil pelangsir yang tersusun rapi di Mapolsek Lubukbaja, sebelumnya sudah menerima tiga limpahan mobil pencoleng dari razia Wakil Wali Kota Batam, Rudi, beberapa waktu lalu, yakni sedang Nissan Cedric BP 1391 DZ, Toyota Lite Ace BP 7050 E dan Toyota Lite Ace BP 9270 ZN. (*)

Editor: Roelan