Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Main Camp Nou, Barca Dikalahkan Valencia 3-2
Oleh : Redaksi
Minggu | 02-02-2014 | 12:18 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Barcelona harus mengakui keunggulan Valencia dengan skor 3-2 di Camp Nou, Sabtu (1/2/14). Ini menjadi kekalahan pertama Barcelona di kandang pada musim ini.


Setelah bermain imbang di paruh pertama, Valencia berhasil mengungguli Barcelona melalui gol Daniel Parejo dan Francisco Alcacer.

Blaugrana harus menelan pil pahit saat Jordi Alba menerima kartu kuning kedua dalam pertandingan tersebut. Bermain dengan 10 orang tidak mampu menghindari skuat asuhan Gerardo Martino dari kekalahan.

Dengan hasil ini, Barca masih menempati urutan pertama klasemen La Liga dan berpeluang digeser Atletico dan Real Madrid yang baru akan bertanding pada Minggu (2/2/14).

Sementara itu, Valencia naik ke posisi kedelapan klasemen dengan raihan 28 poin dari 22 pertandingan.
Kekalahan ini membuat gelandang Barcelona, Sergio Busquets kecewa. Menurutnya, lini pertahanan Blaugrana di pertandingan ini sangat lemah.

"Sudah lama sekali kami tidak pernah kalah di Camp Nou. Kami terpeleset di waktu yang buruk. Sangat disayangkan karena kami punya banyak peluang. Lini belakang kami sangat kacau," ujarnya, dikutip dari Football Espana.

Lain halnya dengan Victor Valdes. Penjaga gawang Barcelona itu menilai timnya memang layak kalah di pertandingan ini.

"Ini hari yang menyedihkan karena kami kalah. Valencia layak meraih kemenangan. Kami tak boleh lagi melakukan kesalahan, tapi kami akan terus berjuang hingga akhir musim," ucap Valdes.

Kekalahan Barcelona membuka peluang Atletico Madrid atau Real Madrid menyodok ke posisi puncak klasemen jika mampu meraih tiga poin dinihari nanti.

Jalannya Pertandingan:

Bermain di Camp Nou membuat Barcelona langsung membangun inisiatif serangan. Sebuah peluang melalui Xavi Hernandez di menit kelima hampir membuka keunggulan.

Sayang, tendangan kaki kanannya dari tengah kotak penalti masih mampu dimentahkan barisan pertahanan Valencia.

Dua menit berselang giliran Lionel Messi mengancam gawang Valencia. Memanfaatkan umpan Sergio Busquest, tendangan Messi hanya mengarah ke sisi kiri gawang Valencia kawalan Diego Alves.

Barcelona akhirnya membuka keunggulan melalui Alexis Sanchez pada menit ketujuh. Memanfaatkan umpan Messi, pemain asal Cile itu sukses mencetak gol dari sudut sempit yang gagal dihadang kiper Valencia.

Meskipun tertinggal, Valencia mencoba bangkit. Sofiane Feghouli hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-12 andai tendangan kerasnya gagal diselamatkan kiper Barca. Beruntung Valdes tampil gemilang di bawah mistar tim tuan rumah.

Skuat asuhan Juan Antonio Pizzi akhirnya berhasil menyamakan kedudukan satu menit sebelum turun minum tepatnya di menit ke-44 Daniel Parejo berbasil memanfaatkan umpan tarik Feghouile sehingga tendangannya gagal diselamatkan Valdes. Skor imbang 1-1 menutup laga pada babak pertama.

Memasuki paruh kedua pertandingan, Valencia berhasil menggandakan keunggulan melalui Pablo Piatti pada menit ke-49. Memanfaatkan umpan silang Antonio Barragan ke dalam kotak penalti, Piatti sukses melepaskan tendangan yang bersaran di gawang Valdes.

Keunggulan Valencia hanya bertahan sesaat. Penalti Messi pada menit ke-53 berhasil membuat Barca menyamakan kedudukan. Wasit menunjuk titik putih setelah Costa dianggap melakukan handball, padahal pada tayangan ulang bola hanya mengenai bahunya.

Tiga menit berselang, Francisco Alcacer berhasil memberika keunggulan untuk Valencia. Alcacer berhasil melepaskan tendangan keras yang tidak mampu dimentahkan Valdes.

Barca harus bermain dengan 10 orang usai Jordi Alba diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua karena melanggar Feghouli.

Messi nyaris menyaman kedudukan pada menit-menit akhir pertamndingan. Berawal dari umpan satu dua dengan Andres Iniesta, pemain Argentina itu berhasil masuk ke dalam kotak penalti hingga melepaskan tendangan. Sayang, tembakannya melenceng tipis di sisi kanan gawang Valencia.

Hingga peluit akhir babak kedua, tidak ada lagi gol tercipta di Camp Nou. Barcelona 2-3 Valencia.

Susunan Pemain:

Barcelona: Victor Valdes, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba, Daniel Alves, Cesc Fabregas (Cristian Herrera Tello 77'), Xavi Hernandez (Andres Iniesta 65'), Sergio Busquets, Pedro Rodriguez, Alexis Sanchez, Lionel Messi. Pelatih: Gerardo Martino.

Valencia: Diego Alves Carreira, Juan Bernat, Antonio Barragan, Ricardo Costa, Jeremy Mathieu, Pablo Piatti (Federico Nicolas Cartabia 88'), Oriol Romeu, Sofiane Feghouli, Javi Fuego, Daniel Parejo (Michel 90'), Francisco Alcacer (Eduardo Vargas 77'). Pelatih: Juan Antonio Pizzi.

Sumber : bola.inilah.com