Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meski Disetujui Mundur, SBY Minta Gita Tetap Bekerja Hingga Ada Mendag Definitif
Oleh : Surya
Sabtu | 01-02-2014 | 19:45 WIB
sby_1.jpg Honda-Batam
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyetujui pengunduran diri Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan dari jabatannya, namun SBY meminta Gita tetap bekerja hingga ada penunjukkan pengganti dirinya secara definitif.


Hal itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi didampingi Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha menanggapi penguduran diri Gita Wirjawan sebagai Menteri Perdagangan pada 31 Januari 2014 yang mulai efektif pada 1 Pebruari 2014 di Jakarta, Sabtu (1/2/2014).

"Presiden dalam waktu dekat akan menyampaikan pengunduran diri Pak Gita, juga disertai dengan siapa penggantinya. Dan meskipun pengunduran diri Pak Gita itu adalah 31 Januari diminta untuk terus melaksanakan tugasnya, sampai nanti ditunjuk pengganti definitif yang ditunjuk Presiden," kata Sudi Silalahi. 

Ia tak bisa memastikan waktu pengumuman tersebut dilakukan. Sebab, Presiden SBY masih harus berkonsultasi dengan Wakil Presiden, Boediono soal pengganti Mendag.

"Soal pengganti kita berharap secepat mungkin, saya mendapat informasi mungkin beliau akan berkonsultasi dulu dengan bapak Wapres," katanya.

Sudi menambahkan, Presiden SBY sebelumnya menolak penguduran diri Gita  karena menilai masih ada tugas mendag yang harus diselesaikan yang bersangkutan ketika itu.

"Memang, Pak Gita sudah pernah menyampaikan kepada Presiden, tetapi tentu Presiden sangat paham hal-hal yang menjadi tugas-tugas Mendag itu masih ada beberapa tugas Mendag yang harus diselesaikan," katanya.

Presiden pun, kata Sudi, meminta Gita untuk menyelesaikan terlebih dahulu tugasnya sebagai Mendag, terutama yang menyangkut internasional. "Tentu itu harus dilaksanakan dulu, terutama yang penting-penting, yang menyangkut internasional," katanya.

Namun Sudi tidak menjelaskan alasan Presiden akhirnya menyetujui pengunduran diri Gita. Dia juga mengatakan, Presiden akan menyampaikan langsung kepada media tanggapannya mengenai pengunduran diri Gita ini.

"Tanggapan tersebut akan disampaikan Presiden bersamaan dengan pengumuman pengganti definitif saudara Gita Wirjawan," katanya .
Mengenai tanggapan miring soal pengunduran diri Gita yang diduga terlibat dalam kasus impor beras illegal asal Vietnam,  Sudi enggan berkomentar.

"Saya tidak dalam kapasitas mengomentari tanggapan-tanggapan apapun yang terjadi tanggapan itu bermacam-macam, mengenai alasannya, lihat nanti kopi pengunduran Gita Wirjawan," tutur Sudi.

Menurut dia, setiap keputusan pasti menuai tanggapan positif dan negatif. Oleh sebab itu, Sudi tak mau menanggapi isu tersebut. "Saya tidak mengomentari tanggapan-tanggapan. Mundur ada yang ditanggapi negatif dan positif," katanya.

Editor : Surya