Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Ini, Sejumlah Pusat Bisnis di Batam Masih Lengang
Oleh : Hendra Zaimi
Sabtu | 01-02-2014 | 12:36 WIB
Lubuk_Baja-20140201-00396.jpg Honda-Batam
Pertokoan di kawasan Nagoya Batam yang masih terlihat tutup sehari setelah perayaan Imlek. (Foto: Hendra Zaimi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sehari setelah perayaan Imlek 2565 Kong Zi Li, Sabtu (1/2/2014) siang, sejumlah toko di pusat bisnis Batam di kawasan Nagoya masih terlihat tutup. Seluruh pemilik toko yang merupakan warga keturunan Tionghoa masih menikmati liburan Imlek.

Pantauan di lapangan, masyarakat yang hendak mencari sesuatu atau barang di kawasan Nagoya terpaksa membatalkan niatnya. Tak hanya di Nagoya, sejumlah toko di daerah Jodoh dan Penuin juga terlihat lengang.

Namun, tak seluruh toko yang tutup, ada beberapa toko yang sudah buka. Namun itu pun tak lama, karena hanya menjalankan ritual sembahyang saja di toko mereka.

"Saya hanya buka sebentar, hanya buka dua jam saja untuk ritual sembahyang pembuka rezeki agar usaha lancar tahun ini," kata Abun, salah satu pemilik toko parfum di bilangan Nagoya.

Abun sendiri akan membuka toko secara penuh mulai Senin (3/2/2014) pekan depan. Diperkirakan pemilik toko yang berada di bilangan Nagoya dan Jodoh sudah mulai membuka usaha mereka di tahun baru Imlek 2565 Kong Zi Li ini.

Selain toko parfum dan tas, ada juga minimarket yang buka. Namun pemilik mini market bukanlah warga keturunan Tionghoa dan tak merayakan perayaan Imlek.

"Bos tak merayakan Imlek, jadi minimarket kami tetap buka seperti hari biasanya," kata seorang pegawai minimarket. (*)

Editor: Roelan