Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hutan Lindung Gunung Muncung di Singkep Terbakar
Oleh : Jauhari Purwadi
Jum'at | 31-01-2014 | 11:18 WIB
Pemadam.jpg Honda-Batam
Petugas sedang memadamkan sisa-sisa bara api yang masih membakar area hutan Gunung Muncung, Kecamatan Singkep. (Foto: Jauhari Purwadi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Belasan hektar hutan di kawasanan hutan lindung Gunung Muncung, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, terbakar, Kamis (30/1/2014) kemarin. Kobaran api pun meluas hingga membakar kebun milik warga yang berada di kaki penyanggah hutan.

Meski petugas pemadam sudah berupaya memadamkan api, namun sampai Jumat (31/1/2014) siang ini asap bekas kebakaran itu masih terlihat.

Satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga yang tersedia  dilokasi kejadian tidak dapat berbuat banyak, mengingat lokasi yang terbakar merupakan daerah perbukitan

Komandan Damkar, Iqbal, mengatakan, hutan itu terbakar pada Kamis siang sekitar pukul 11.00 WIB. Namun hingga Kamis sore api belum dapat dijinakkan. "Kami kesulitan karena mobil (damkar) tidak dapat menjelajah sampai ke lokasi," katanya.

Sementara itu, menurut keterangan salah seorang warga yang berada di lokasi kejadian, api berasal dari kaki bukit yang terdapat beberapa kolam bekas areal penambangan timah. Api semakin membebesar akibat hembusan angin dan semakin melebar hingga ikut membakar perbebunan karet milik warga setempat.

"Tidak sedikit warga yang memiliki perbebunan karet di situ. Ada juga perkebunan gaharu yang nilai jualnya sangat tinggi. Eentah berapa  kerugian yang diderita belum dapat di taksir. Ini bencana," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BATAMTODAY.COM, akibat kemarau kali ini serta hebusan angin, kebakaran diduga tidak terjadi di titik ini saja. Dikabarkan di titik-titik lokasi hutan yang berbeda juga sudah banyak yang terbakar. (*)

Editor: Roelan