Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelulusan Honorer K-2 Diumumkan 5 Februari 2014
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 29-01-2014 | 19:46 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pengumuman hasil ujian tes CPNS terhadap 1.300 honorer kategori II (K-2) di kabupaten dan kota serta Provinsi Kepulauan Riau akan dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) pada 5 Februari 2014 mendatang.  

"Jika tidak ada halangan sesuai dengan hasil rapat, pengumuman kelulusan tes CPNS untuk kategori dua akan dilaksanakan pada 5 Februari 2014 mendatang," kata Abdul Malik, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kepri, Rabu (29/1/2014).

Malik menambahkan, rapat tertutup yang dihadiri seluruh Kepala BKD se-Indonesia dengan Menteri PAN-RB, Azwar Abubakar, di Jakarta, hari ini, khusus membahas penentuan nilai (passing grade) pada daerah, hingga memang ada perbedaan untuk daerah perkotaan maupun kepulauan.

"Saat ini belum diserahkan hasil ujiannya karena rapat itu membahas masalah penilaian dan waktu pengumanan hasil tes. Namun Men PAN-RB sudah menyatakan akan menyampaikan pengumaman itu secara serentak ke daerah pada 5 Februari mendatang," jelasnya.
 
Sementara, sistem penilaiannya dibagi dalam tiga kelompok, yakni daerah wilayah barat, timur tengah. Kepri sendiri masuk ke dalam daerah wilayah Barat dengan pertimbangan bahwa daerah kepulauan tidak sama dengan perkotaan sehingga dijadikan acuan penentuan nilainya. Namun mengenai skala penilaiannya akan dilakukan secara nasional.

"Kita dan daerah lainnya juga menyampaikan kepada Men PAN-RB agar honorer K-2 yang ikut tes tahun ini hendaknya dapat diluluskan kendati memang kita juga tidak bisa mengintervensi keputusan kementerian yang melakukan penilaian," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 1.300 PTT K-2 di Kepri mengikuti ujian tes CPNS. Batam memiliki tenaga honorer K-2 sebanyak 738 orang, Karimun 100-an orang, Lingga dan Natuna masing-masing 100-an orang. Sedangan Provinsi Kepri sendiri jumlah honorer K-2 sebanyak 23 orang.

Proses test CPNS untuk honore K-2 dilakukan secara bersamaan dengan Kabupaten Bintan serta Kota Tanjungpinang dengan total jumlah honorer K-2 yang mengikuti tes pada November 2013 lalu sebanyak 200 orang.

"Sedangkan Batam, Karimun dan Lingga mereka melaksanakan tes CPNS honorer K-2-nya sendiri. Namun waktu pelaksanaan ujian tetap sama di seluruh Indonesia," pungkas Abdul Malik. (*)

Editor: Roelan