Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolda Kepri Perintahkan Penegakan Hukum Berlalu Lintas
Oleh : Hadli
Sabtu | 25-01-2014 | 13:25 WIB
dirlantas_pelopor_keselamatan.jpg Honda-Batam
Direktur Ditlantas Polda Kepri, Kombes Pol Tantan Sulistyana,

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Brigjen Pol Endjang Sudradjat mengintruksikan kepada Direktorat Lalu Lintas dan jajaran di Polres serta Polresta untuk melakukan tindakan hukum kepada pengguna kendaraan yang melanggar tata tertib berlalu lintas.

"Perintah Pak Kapolda, tingkatkan penegakan hukum. Karena masyarakat masih banyak yang mengabaikan keselamatan berkendara," ujar Direktur Ditlantas Polda Kepri, Kombes Pol Tantan Sulistyana, kepada BATAMTODAY.COM. Sabtu (25/1/2014).

Tantan mengatakan, pihaknya telah berupaya menyosialisasikan tertib berlalu lintas selama ini. Dimulai dari sosialisasi ke berbagai media cetak dan elektronik maupun siaran radio, sekolah-sekolah hingga melakukan tindakan peneguran kepada pengguna kendaraan yang melakukan pelanggaran ringan.

Namun, tambahnya upaya sosialisasi tersebut tidak berjalan maksimal sebagaimana yang diharapkan bersama. Pasalnya kesadaran masyarakat Kepri khususnya Batam sangat minim. Tetap saja pelanggaran dilanggar sehingga merugikan banyak pihak yang juga sebagai pengguna jalan.

"Sosialisasi selama ini telah kita lakukan. Tapi tetap saja masih banyak yang melakukan pelanggaran yang bisa mengancam keselasmatan pengguna lainnya. Contoh ringannya saja, masih banyak orang tua yang memberikan sepeda motor kepada anaknya yang masih di bawah umur. Atau pengendara tanpa alat pengaman seperti helm. Padahal hlem yang digunakan bukan untuk keselamatan polisi,melainkan untuk pengguna jalan itu sendiri. Mainnset menggunakan hlem atau tertib bila ada polisi, inilah sebenarnya yang harus kita ubah bersama. Agar angka kecelakaan dapat berkurang tiap tahunnya," tambahnya.

Maka dengan itu, kata tantang kembali pada agenda 'Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas' yang serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia pada Minggu (26/1/2014) Polda Kepri akan menyematkan Pin Pleopor Keselamatan dan pembagian helm kepada tukang ojek, serta mengumumkan pemenang Polisi Cilik (Polcik) yang diadakan tingkat Polres dan Polres di jajaran Polda Kepri.

"Namun sebelumnya kita mengadakan funbike yang diikuti ribuan peserta bersepada. Start-nya dari Polresta Barelang dan finish-nya di Ocarina, Batam Center," pungkasnya.

Editor: Dodo