Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mahasiswa Poltekes Tanjungpinang Keluhkan Biaya Pelatihan ke Bandung Sebesar Rp4,8 Juta
Oleh : Habibi
Jum'at | 24-01-2014 | 13:19 WIB
Poltekes Tgpinang.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kampus Politeknik Kesehatan Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sejumlah mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekes) Tanjungpinang mengeluhkan besarnya biaya pelatihan yang diprogramkan kampus. Para mahasiswa harus membayar sebesar Rp4,8 juta untuk mengikuti pelatihan selama dua hari di Cikarang, Bandung.

"Tidak semua yang mampu, Bang. Kami kuliah di sini supaya senang (mudah, red) dapat kerja dan nanti bisa membantu orang tua. Kami tidak tahu kalau ada (program) seperti ini," kata seorang mahasiswi tingkat tiga yang minta namanya tidak dituliskan, kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (24/1/2014).

Pelatihan yang dimaksud merupakan tugas yang diprogram dosen program studi Kesehatan Lingkungan.

"Kemarin ikut pelatihan ke Medan habis Rp3 juta lebih. Itu pun orang tua pinjam duit sana sini. Sekarang pula lagi. Sampai nangis mamak (ibu, red) kami. Tidak tega, Bang. Tapi kalau tidak ikut nanti tidak dapat nilai," ujar mahasiswi asal Kabupaten Natuna itu.

Menurut mahasiswi tersebut, dosen mengancam tidak akan memberi nilai dan bimbingan tugas akhir jika mahasiswa tidak mengikuti kegiatan tersebut. Namun dia menolak jika dikatakan tidak ingin mengikuti pelatihan tersebut, hanya saja karena terbentur faktor biaya.

"Uangnya saja belum ada, Bang. Mau nanya-nanya terus sama orang tua tidak enak," katanya. (*)

Editor: Roelan