Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Susi Air Mendarat Perdana di Bandara Sei Bati Karimun
Oleh : Khoiruddin Nasution
Kamis | 23-01-2014 | 18:18 WIB
Nurdin_Susi.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun menyambut penumpang yang tiba dalam penerbangan perdana Susi Air ke Tanjung Balai.

BATAMTODAY.COM, Karimun - PT ASI Pudjiastuti Aviation melalui pesawat Susi Air jenis Cessna mendarat perdana di Bandara Sei Bati, Karimun dari Pekanbaru, Kamis (23/1/2014) pukul 14.50 WIB.

Pesawat berkapasitas penumpang 16 orang tersebut, seyogianya berangkat dari Tanjung Balai Karimun pukul 13.30 WIB dengan harga tiket Rp283 ribu serta boarding pass Rp10 ribu.

Kepala Bandara Sei Bati Karimun, Farel T Lumban Tobing, ST, MT dalam sambutannya mengatakan kapasitas bandara berada pada kelas III dengan panjang landasan 1.300 meter dan lebar landasannya 30 meter.

"Fasilitas yang kita miliki mampu menerima pesawat jenis ATF 72 seperti yang dimiliki Wings Air dengan kapasitas penumpang 100 orang," terangnya.

Hanya saja untuk pesawat yang lebih besar lagi membutuhkan landasan yang memiliki panjang minimal 1400 meter.

"Awalnya kami meminta melalui Dirjen Perhubungan udara agar memasukkan Susi Air ini sekitar Bulan Mei 2014 mendatang. Namun berkat dorongan Bupati Karimun, maka pelaksanaan tersebut dipercepat hingga saat ini," terangnya

Sementara itu Distrik Manager PT ASI Pudjiastuti Aviation Susi Air,  Rendi Shamir Lubis yang mewakili CEO Susi Air, Susi Pudjiastuti mengatakan pada 2014 ini, pihaknya melayani penerbangan dengan KPA dengan posisi Dabo Singkep - Jambi, Kerinci - Dabo TPI, TPI - Pekanbaru, Pekanbaru TBK, Pekanbaru - Pasir Pangarayan dan Pekanbaru - Rengat.

"Penerbangan ini berkat dukungan dari berbagai pihak dan untuk itu kami mengucapkan terimakasih," terangnya.

Sedangkan Bupati  Karimun, Nurdin Basirun mengatakan arus penumpang dan barang cukup besar dari Karimun. Bahkan kabupaten Karimun merupakan terbesar kedua setelah Batam di Provinsi Kepri ini.

"Insting yang kami miliki, Karimun memiliki potensi yang sangat menjanjikan," terangnya.

Dengan adanya pesawat ini maka akan membuka peluang untuk mempromosikan perdagangan, parawisata dan sebagainya. Bahkan jika dilihat dari letaknya yang strategis sebagai daerah perbatasan serta memiliki arus perdagangan yang padat, Karimun merupakan investasi yang sangat menjanjikan.

"Saya mengajak masyarakat untuk memberi dukungan, agar membantu demi kemajuan Karimun dan tidak mengutamakan egoistis sektoral masing-masing," ujarnya mengakhiri sembari meresmikan penerbangan perdana di Karimun.

Turut hadir pada acara peresmian perdana tersebut tersebut seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Wakil Bupati Karimun Kepala SKPD Pemkab Karimun serta seluruh perwakilan Perusahaan, Bank dan Rumah Sakit yang ada di Karimun.

Editor: Dodo