Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ternyata, Tamban Jadi Patokan Fluktuasi Harga Ikan di Tanjungpinang
Oleh : Habibi
Rabu | 22-01-2014 | 15:20 WIB
watermarked-pasar_ikan_tanjungpinang.jpg Honda-Batam
Suasana Pasar Ikan Tanjungpinang. (Foto: Habibi Kasim/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sejumlah ibu rumah tangga di Tanjungpinang punya cara unik untuk "mengira-ngira" harga ikan di pasaran. Ikan tamban, spesies yang digemari banyak kalangan, ternyata bisa menjadi patokan.

Jika harga tamban rendah, berarti harga ikan lainnya juga sedang rendah. Demikian juga sebaliknya. 

Cara ini juga diakui Marwan, pedagang ikan di Pasar Ikan Pelantar KUD Tanjungpinang. Dia mengatakan, harga tamban saat ini sedang tinggi, yakni mencapai Rp15 ribu per kilogram. 

"(Harga) tamban biasanya hanya Rp5.000 per kilonya, sekarang sudah Rp15 ribu. Berarti (harganya) naik, dan harga ikan lainnya juga naik. Selikur saja harga pagi mau Rp25 ribu biasanya, udang seratus ribu lebih, dan sotong mau lima puluh ribuan," kata Marwan kepada BATAMTODAY.COM, di Pelantar KUD Tanjungpinang, Rabu (22/1/2014). 

Menurutnya, cuaca ekstrem hingga menyebabkan gelombang tinggi menjadi penyebab naiknya harga ikan. Pada hari biasa, harga ikan selikur hanya berkisar antara Rp10 - 15 ribu per kilogram, sedangkan udang hanya Rp30 - 80 ribu per kg. Sedangkan sotong (cumi-cumi) hanya belasan ribu rupiah per kg. 

Namun dikarenakan kegiatan nelayan dalam mencari ikan terhambat akibat gelombang kuat, maka ikan pun langka dan tidak banyak yang beredar di pasaran. 

"Untuk ikan yang tersedia hanya yang biasanya dibeli masyarakat, seperti ikan selikur, ikan tamban, ikan tongkol, ikan karang cuma sikit, sotong, dan udang sajalah yang ada sekarang. Ikan besar pun stoknya sedikit. Selar juga sedikit stoknya. Memang susah sekarang, mungkin habis Hari Raya Cinalah baru ada ikan karena gelombang mulai stabil," terang Marwan.

Pantauan di pasar, ikan keberuntungan masyarakat Tionghoa, yaitu ikan dingkis mulai muncul di pasaran. Jika dibandingkan saat hari-H nanti, harga ikan dingkis saat ini masih murah. Anak ikan dingkis yang seukuran dua jari harganya Rp15 ribu per kg, sedangkan yang agak besar Rp25 - 30 ribu per kg. (*)

Editor: Roelan