Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Minggu, Polda Kepri Canangkan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas'
Oleh : Hadli
Selasa | 21-01-2014 | 21:50 WIB
dirlantas_pelopor_keselamatan.jpg Honda-Batam
Dirlantas Polda Kepri, Kombes Tantan Sulistyana menunjukkan stiker Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas/

BATAMTODAY.COM, Batam -  Pada Minggu (26/1/2014) mendatang, akan diadakan 'Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas' yang akan serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia. Di Batam, cara ini akan berpusat di Ocarina, Batam Center. 

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Kepri Kombes Tantan Sulistiana. Menurutnya penetapan hari Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas jatuh pada Minggu sesuai penetapan oleh Pemerintah Pusat yang dilanjutkan oleh Kakorlantas melalui video conference di Mapolda Kepri beserta jajaran Ditlantas di seluruh Polda di Indonesia.

"Hasil video conference tadi bersama Kakorlantas Mabes Polri, tentang persiapan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas yang akan serentak diadakan di seluruh indonesia. Pencanangkan gerakan itu menjadi gerakan keselamatan nasional dari pemerintah pusat," kata Tantan usai menggelar video conference kepada wartawan, di Mapolda Kepri, Selasa (22/1/2014). 

Gerakan keselamatan kecelakaan, jelas Tantan lagi, bukan hanya dilakukan di Indonesia, namun di seluruh dunia. Melalui laporan Pemerintah Indonesia pada 2010 silam kepada World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia, sebanyak 1,3 juta manusia menjadi korban jiwa dalam kasus lakalantas di seluruh Indonesia.

"WHO memprediksikan 20 tahun ke depan, selain kesehatan, penyebab kematian adalah angka kecelakaan yang naik dan kini berada di urutan nomor 5," jelasnya.

Pelopor keselamatan berlalu lintas, lanjut Tantan, tidak hanya dari Polri. Dari kesepakatan, ada lima pilar yang ditetapkan, yakni manajemen berkeselamatan, jalannya berkeselamatan, berkendaraan berkeselamatan, perilaku pengguna berkeselamatan dan penanganan pasca berkeselamatan.

"Untuk Bappenas terkait manajemen keselamatan, Kemenhub berkaitan dengan berkendaraan yang berkeselamatan, Kementerian PU untuk jalan yang bekeselamatan, perilaku berkeselamatan dari Polri dan penanganan pasca laka adalah dari Kementerian Kesehatan. Oleh karena itu, setelah ada rencana ini muncullah Inpres nomor 4 tahun 2013,  tentang berkeselamatan dari lima pilar tadi. Makanya pemerintah memandang perlu menjadikan keseelmatan nasional. Harus berkoordinasi agar berjalan maksimal," jelasnya.

Sehubungan kegiatan tersebut, di wilayah hukum Polda Kepri, akan diadakan di Polres dan Polresta. Namun untuk di Kepri, dipusatkan di Batam yakni di Ocarina.

"Dalam kegiatan ini, kita libatkan komonitas sepeda maupun masyarakat yang memiliki sepeda dimilai dari Polresta Barelang menuju Ocarina. Selain itu juga akan diadakan senam bersama di Ocarina. Juga masih banyak lagi kegiatan. Sedangkan hadiah utama berupa 2 unit sepeda motor, sepeda dan elektronik," pungkasnya.

Editor: Dodo