Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ATB Raih Perpamsi Award 2013
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 16-01-2014 | 16:08 WIB
penghargaan_atb.jpg Honda-Batam
Finance Director ATB, Ir Fajar Soeharto,MBA, saat menerima Perpamsi Award 2013 dari Kepala BPPSPAM Tamin M Zakaria Amin pada Mapamnas XII, di Palembang, beberapa waktu lalu. (Foto: ATB)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Adhya Tirta Batam (ATB) kembali menorehkan prestasi. Perusahaan yang sudah beroperasi sejak tahun 1995 tersebut kali ini mendapatkan Perpamsi Award 2013 untuk Kategori PDAM Kota Terbaik Kelompok Pelanggan di atas 200.000 Sambungan.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala  Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Tamin M Zakaria Amin saat Musyawarah antar Perusahaan Air Minum Nasional (Mapamnas) XII, di Palembang, beberapa waktu lalu.

ATB merupakan satu-satunya perusahaan air minum swasta yang mendapatkan penghargaan bergengsi bagi setiap perusahaan air minum tersebut. Ada 29 PDAM lain yang mendapatkan penghargaan untuk sepuluh kategori yang diperebutkan.

"ATB meraih nilai tertinggi, tidak hanya di Kategori PDAM Kota Terbaik Kelompok Pelanggan di atas 200.000 Sambungan namun juga untuk keseluruhan kategori. Hal tersebut membuktikan ATB merupakan perusahaan air minum terpercaya di Indonesia dan mampu bersaing dengan PDAM lain," ungkap Vice President Director ATB, Ir Benny Andrianto MM, dalam siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Kamis (16/1/2014).

Ada empat aspek yang menjadi landasan penilaian untuk mendapatkan Perpamsi Award 2013 tersebut, yaitu Aspek Keuangan, Aspek Pelayanan, Aspek Operasi, dan Aspek Sumber Daya Manusia (SDM). Juri pada acara yang melibatkan 410 PDAM dan perusahaan air minum swasta di seluruh Indonesia tersebut berasal dari unsur Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Bappenas, dan BPPSPAM.

"Penilaian tersebut bermuara pada 3K - Kualitas, Kuantitas, dan Kontinyuitas. ATB unggul untuk semua ketegori, meski sebenarnya bila dikaitkan dengan aspek keuangan tidak dapat dibandingkan secara apple to apple karena ATB tidak menggunakan dana APBD seperti PDAM lain. Kriteria penilaian tersebut berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan oleh BPPSPAM," lanjut Benny.

Ia menuturkan, penghargaan tersebut semakin memacu ATB untuk memberikan pelayanan yang semakin baik pada masyarakat Batam. Sesuai dengan tagline ATB, Kepercayaan Anda di Setiap Tetesnya, kedepan perusahaan yang berkantor pusat di Sukajadi tersebut akan menyediakan Zona Layanan Prima. Layanan tersebut memungkinkan masyarakat dapat langsung meminum air ATB dari keran yang disediakan.

"Programnya akan dilakukan secara bertahap. Sebenarnya saat ini air yang diproduksi ATB sudah dalam keadaan siap minum, namun kami belum berani mendeklarasikannya karena beberapa hal. Salah satunya karena jaringan pipa, terutama pipa ke perumahan atau pipa didalam rumah pelanggan yang belum sesuai dengan standar yang seharusnya. Meski produksi airnya siap minum, bila pipanya tidak mendukung, kami tidak berani mengatakan bahwa air ATB sudah siap minum. Kami memang ingin meningkatkan diri dari sisi kualitas. Bila secara kualitas ATB meningkat, otomatis empat tahun ke depan kami juga akan kembali mendapatkan Perpamsi Award," pungkas Benny.

Editor: Dodo