Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kawasan Pasar Tanjungpinang Mampu Tampung 1.000 Unit Kendaraan
Oleh : Agus Hariyanto
Kamis | 16-01-2014 | 10:16 WIB
IMG04087-20131114-0910.jpg Honda-Batam
Arus lalu lintas di Jalan Merdeka Tanjungpinang yang terlihat lancar setelah penerapan kawasan tertib lalu lintas. (foto: Agus Haryanto/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Tanjungpinang menyatakan, area parkir di kawasan Pasar Tanjungpinang bisa menampung sekitar 1.000 unit kendaraan roda dua dan roda empat. Seribuan kendaraan yang bisa parkir itu dijamin tidak akan mengganggu arus lalu lintas.

"Kita sudah lakukan survei pemantauan dan pengamantan. Dan berdasarkan hasil kajian, banyak parkiran yang tersedia sehingga tidak menggangu kawasan tertib lalu lintas," jamin Wan Samsi,  Kepala Dishubkominfo Kota Tanjungpinang, Kamis (16/1/2013).

Adapun lokasi parkir yang dipilih di antaranya kawasan City Work, depan Bestari Mall, Jalan Teuku Umar. Sebanyak 500 unit kendaraan roda dua dan roda empat dapat ditampung di situ. 

Kemudian area parkir di lantai dasar Bestari Mall, diperkirakan dapat menampung 260 unit kendaraan roda dua dan empat.

Lokasi lainnya adalah area parkir di Bintan Mall, Jalan Pos, yang mampu menampung 240 unit kendaraan roda dua dan empat. "Jadi, totalnya 1.000 unit kendaraan bisa diparkir di kawasan Pasar Tanjungpinang. Karena itu, tak ada alasan mencari-cari kesalahan petugas yang berjaga di kawasan tertib lalu lintas," terangnya.

Lokasi parkir itu, imbuh Wan Samsi, belum termasuk lahan parkir di pinggir jalan. Karena itu, daya tampung kendaraan di kawasan Pasar Tanjungpinang diyakini bisa lebih dari 1.000 unit. 

Sebagaimana diberitakan, jumlah kendaraan di Tanjungpinang tiap tahun meningkat dengan cepat, sementara pembangunan infrastruktur jalan tak sekencang pertumbuhan kendaraan.

Data yang dihimpun BATAMTODAY.COM dari Satlantas Polres Tanjungpinang, pertumbuhan kendaraan pada 2013 mencapai 26.004 unit. Kendaraan roda dua tercatat 21.440 unit dan roda empat 4.564 unit. Sementara itu jumlah pertumbuhan fasilitas jalan di Tanjungpinang tiap tahunnya tidak sampai 2 kilometer. (*)

Editor: Roelan