Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sarjanakan Guru, Kepri Siagakan Rp15 Miliar Tahun Ini
Oleh : Habibi
Senin | 13-01-2014 | 12:09 WIB
guru di depan kelas.jpg Honda-Batam
Kegiatan belajar mengajar di kelas.(foto: dokumen)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyiapkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk peningkatan kualifikasi guru pada tahun ini. Diharapkan semua guru di Kepri sudah berkualifikasi sarjana pada akhir 2014.


"Kita menganggarkan Rp15 miliar, hanya saja itu belum final. Pak Gubernur minta agar disiapkan dana sebesar itu untuk guru karena kita mengharapkan tahun ini guru kita sudah sarjana semuanya. Kita harapkan target ini bisa teralisasi," kata M Yunus, Kabid Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan (PSDMP) Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Senin (13/1/2014).

Yunus menegaskan, sesuai UU Guru, setiap guru wajib berkualifikasi sarjana hingga 2014. Karena, imbuh Yunus, penuntasan kualifikasi guru menjadi fokus utama Pemerintah Provinsi Kepri.

"Mungkin banyak yang belum tahu, program kualifikasi guru itu adalah program menyekolahkan guru hingga ke jenjang sarjana. Inilah usaha kita untuk meningkatkan kemajuan pendidikan di Kepri. Kita harapkan tahun ini akan tuntas, semua guru sudah S1 dan tidak ada lagi yang tersisa," harap dia. 

Kendati demikian, Yunus mengakui masih banyak guru yang belum sarjana. Namun Yunus belum bisa menyebutkan secara pasti.

"Jumlah pastinya belum tahu karena harus melakukan koordinasi dulu dengan kabupaten dan kota," kata Yunus. (*)

Editor: Roelan