Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masih Ada Pemegang KBS Pendidikan di Bintan yang Belum Terima Bantuan
Oleh : Harjo
Kamis | 09-01-2014 | 18:07 WIB
Kadisdikpora-Pemkab-Bintan.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bintan, Machfur Zurahman.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Warga pemegang Kartu Bintan Sejahtera (KBS) masih ada yang belum mendapatkan bantuan melalui program yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Bintan itu.

"Sejak awal kartu KBS yang dipegang sudah dilaporkan ke pihak sekolah. Tetapi justru sampai saat ini bantuan belum juga direalisasikan," ungkap Jefri S, wali murid di SDN 006 Serikuala Lobam, kepada BATAMTODAY.COM, di Tanjunguban, Kamis (9/1/2014).

Jefri memiliki dua anak, masing-masing duduk di kelas I dan kelas VI.

Jefri berharap kepada Dinas Pendidikan Bintan benar-benar menyosialisasikan program tersebut ke sekolah. "Kalau informasinya, masih banyak pemegang KBS pendidikan yang belum mendapatkan bantuan. Semoga pihak sekolah dan dinas pendidikan bisa melakukan kroscek ulang," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bintan, Machfur Zurahman, menegaskan, pemegang KBS wajib menerima bantuan tanpa terkecuali, baik yang baru masuk sekolah dan yang sudah lama.

"Tidak ada alasan pemegang KBS tidak bisa menerima bantuan pendidikan. Untuk tahun 2013, justru dana yang dianggaran melebihi dan kembali ke DPPKD sekitar Rp1 miliar. Artinya, belum semua anggaran terserap," ungkapnya.

Dijelaskan, untuk anggaran KBS pendidikan tahun 2014 sudah dianggarkan Rp7,4 miliar dengan proyeksi penambahan murid pemegang KBS sebanyak 10 persen, sesuai dengan data terakhir saat pendistribusian dana KBS.

" Untuk tahun ajaran baru, jelas masih menunggu hasil dari laporan setiap sekolah dan diproyeksikan penambahan 10 persen dari jumlah sebelumnya. Kalau pun nanti masih kurang maka akan diusulkan melalui APBD-P 2014," tambahnya. (*)

Editor: Roelan