Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Kelebihan Beban, Kontainer Terbalik di Simpang Kuda
Oleh : Gokli
Senin | 30-12-2013 | 19:42 WIB
Kontainer.jpg Honda-Batam
Truk kontainer terbalik di Simpang Patung Kudan Sungai Panas.

BATAMTODAY.COM, Batam - Truk bermuatan kontainer dengan nomor polisi B 9581 OD milik PT Anugerah Karya Bersinar (AKB) yang terletak di daerah Batu Ampar, terbalik di Simpang Kuda, Sungai Panas. Diduga, kontainer tersebut membawa beban melebihi kapasitas, Senin (30/12/2013) malam.


Informasi yang diperoleh di lokasi, truk tersebut terbalik sekitar pukul 18.30 WIB. Diketahui, kejadian itu tidak menelan korban jiwa, bahkan sopir bernama Lucky Wijanarto juga dalam keadaan selamat. 

Dikatakan Lucky, truk yang dia kemudikan itu terbalik karena melintas di jalan yang miring juga lincin lantaran hujan. Bahkan, kata pria asal Pulau Jawa tersebut truk yang dikemudikannya melaju rata-rata 30 Km/jam.

"Isinya saya tak tahu. Sesuai manisfesnya 24 ton. Tak tahu juga itu melebihi kapasitas atau tidak," kata dia di lokasi kejadian.

Kendati tidak mengetahui apa jenis dan nama barang yang diangkut, kata Lucky, barang itu hendak diantar ke PT Sri Indah, yang terletak di daerah Sungai Panas, tak jauh dari lokasi kejadian. Akibat kejadian tersebut, ruas jalan dari arah Terowongan Pelita menuju Batam Center macet total.

Namun, kemacetan itu tidak berlangsung lama sebab, belasan Polisi Lalu Lintas langsung turun ke lokasi mengatur arus lalu lintas.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Bambang Harleyanto, mengatakan truk kontainer itu terbalik diduga karena melebihi muatan, sehingga sulit dikendalikan oleh sopir saat melaju di jalan yang licin.

Ia juga membenarkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja arus lalu lintas sempat terganggu, sebelum evakuasi dilakukan. 

"Kemungkinan truk kontainer ini melebihi muatan. Tapi, pengendara juga perlu hati-hati disaat musim hujan seperti sekarang ini karena jalan licin. Namun yang pasti saling menghormati sesama pengguna jalan," jelasnya.

Editor: Dodo