Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Korupsi, APPSI Minta Gubernur Optimalkan Upaya Preventif
Oleh : Gokli Nainggolan
Senin | 16-12-2013 | 20:47 WIB
sylmpo.jpg Honda-Batam
Ketua Asosisasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Syahrul Yasin Limpo.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Asosisasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, untuk mencegah tindak korupsi, gubernur selaku kepala daerah perlu mengoptimalkan upaya preventif. Sebab, terhitung dari 2005 - 2013, sudah 300-an kepala daerah yang terjerat kasus korupsi.

Upaya preventif, kata Gubernur Sulawesi Selatan itu, adalah langkah pencegahan tindak korupsi lebih dini. Sehingga, pencegahan bisa menjadi objek yang lebih diutamakan daripada penindakan.

"Langkah KPK dalam membrantas korupsi tetap didukung. Namun, pimpinan daerah juga harus mengoptimalkan upaya preventif," kata dia, usai melangsungkan rapat kerja nasional APPSI tahun 2013, di Swiss Bell Hotel, Senin (16/12/2013).

Dia menambahkan, langkah lain mencegah tindak korupsi bisa dilakukan dengan mengubah sistem pemerintahan yang lebih transparan dan tidak ribet. Dengan demikian langkah untuk mencegah korupsi dini dapat dilakukan.

Banyaknya kepala daerah yang terjerat kasus korupsi, kata Syahrul, juga disebabkan adanya sistem yang perlu dicermati bersama. Sebab, ada juga beberapa yang tidak korupsi namun terjebak dalam sistem.

"Perlu ada asistensi dari pemerintah pusat, supaya pemerintah daerah tidak salah," katanya. (*)

Editor: Dodo