Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMPN 4 Berhala Akan Dipindah ke Dusun Satu Pulau Lalang
Oleh : Jauhari Purwadi
Senin | 16-12-2013 | 12:12 WIB
IMG00406-20131214-1339.jpg Honda-Batam
Kepala Desa Berhala, E Syarif.

BATAMTODAY.COM, Singkep - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Lingga berencana akan memindahkan SMP Negeri 04 di Dusun Dua Berhala ke Dusun Satu Pulau Lalang pada 2014 mendatang. Sekolah itu dipindahkan, selain tidak tepat sasaran juga karena tak ada siswa.

"Pemindahan sekolah ini juga atas permintaan warga di Dusun Satu dan kepala desanya. Usulan ini kami terima mengingat warga Dusun satu sangat membutuhkan sekolah itu," kata Siswadi, Kepala Disdikpora Kabupaten Lingga.

Sementara itu, Kepala Desa Berhala, E Syarif, juga sepekat dengan pemindahan sekolah itu. Menurutnya, gedung SMPN 4 itu memang seharusnya dibangun di Dusun Satu Pulau Lalang karena jumlah siswa yang tamat SD setiap tahunnya lebih banyak dibandingkan di Dusun Dua Berhala.

"Tapi anehnya justru dulu dibangun di Dusun Dua yang diisi hanya dengan dua orang siswa," ujarnya.

Warga Dusun Satu Pulau Lalang juga senang. Mereka mengaku tidak perlu lagi khawatir lagi dengan kelanjutan pendidikan anak mereka yang selama ini terpaksa keluar daerah agar bisa bersekolah di SMP.

"Selama ini kami khawatir, Pak, bagaimana nasib anak kami. Masih kecil sudah harus berpisah demi mendapatkan pendidikan," tutur seorang ibu warga Dusun Satu, kepada BATAMTODAY.COM.

"kami sangat bersyukur. Kalau ada pembangunan SMP di sini, anak-anak tak perlu lagi sekolah di luar. Lebih mudah dipantau," imbuhnya.

Dia mengungkapkan, sudah banyak anak di Dusun Satu yang terpaksa putus sekolah karena tak bisa melanjutkan pendidikan ke SMP atau SMA. Selain khawatir, mereka juga tak mampu membayar biaya indekos bagi anak.

"Kalau tak mampu, ya terpaksa putus dan nganggur," kata Piting, Ketua Komite SDN 016 Pulau Lalang, menyikapi fenomena pendidikan anak di Dusun Satu. (*)

Editor: Dodo