Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejumlah Kendaraan Terjaring Operasi Zebra 2013 di Kepri Mall
Oleh : Hendra Zaimi
Sabtu | 07-12-2013 | 11:55 WIB
razia-lalu-lintas.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah kendaraan roda dua terjaring dalam razia bersandi Operasi Zebra 2013 yang digelar Satlantas Polresta Barelang, Sabtu (7/12/2013) pagi di jalur lambat depan Kepri Mall, Simpang Kabil.

Pengendara yang terjaring razia dikarenakan tak bisa menunjukan dokumen kelengkapan berkendara seperti SIM dan STNK, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

"Operasi Zebra 2013 ini memeriksa kelengkapan dokumen berkendara, SIM dan STNK, sama halnya seperti razia biasa, tujuannya menekan angka laka lantas," kata Kanit Laka, Iptu Eriman.

Operasi Zebra merupakan tindak lanjut dari operasi Simpatik dan operasi Patuh. Bedanya, operasi Zebra lebih pada penindakan di lapangan. "80 persen melakukan tindakan dan 20 persen langkah preventif (peringatan) kepada warga," jelasnya.

Jumlah kendaraan yang terjaring razia ini, hingga kini belum dapat dikalkulasi petugas lantaran kegiatan tersebut masih berlangsung. Rencananya, sepeda motor yang diamankan dalam razia langsung dilakukan tilang di tempat dan pengendara akan menjalani persidangan pada tanggal 10 Januari 2014 mendatang.

"Operasi Zebra digelar berkesinambungan dan dilanjutkan dengan Operasi Lilin untuk pengamanan Natal dan tahun baru 2014," katanya mengakhiri.

Editor: Dodo