Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Kepri Ingin Peran Bulog Kembali 'Dihidupkan'
Oleh : Habibi
Rabu | 04-12-2013 | 17:04 WIB
Beras-Bulog.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menyikapi harga sembilan bahan pokok (sembako) dan kebutuhan masyarakat yang sulit dikendalikan, Gubernur Kepulauan Riau, HM Sani, mengatakan peran Bulog harus dihidupkan kembali untuk mengendalikan harga.

Menurut dia, saat ini pasarlah yang mengendalikan harga sementara pemerintah sama sekali tidak dapat mengontrol secara detail terkait harga-harga kebutuhan masyarakat di pasaran. Dengan Bulog dihidupkan kembali peranannya, menurut Sani akan sangat membantu mengendalikan harga barang di pasaran. 

"Mekanisme pasar ini memang kita tidak bisa selalu mengontrol karena dinamika harga barang kan selalu dikontrol oleh pasar. Makanya saya selalu mengusulkan Bulog itu dihidupkan kembali. Dengan adanya Bulog, harga itu bisa diatur oleh Bulog dan proses di pasar bisa tetap dilakukan. Namun memang hingga saat ini belum ada tanggapan dari usulan saya tersebut," ujar Sani, kepada BATAMTODAY.COM, di Tanjungpinang, Rabu (4/12/2013). 

Karena itu, dirinya dalam waktu dekat akan bertemu dengan distributor guna membicarakan mengenai harga kebutuhan masyarakat. 

"Kita harapkan distributor jangan terlalu menekan harga. Dalam waktun singkat kita akan bertemu dengan distributor untuk membicarakan. Yaa sudahlah distributor jangan terlalu menaikkan harga di pasar. Karena, dengan begitu pasar akan menaikkan juga untuk mendapatkan untung, sehingga barang menjadi semakin mahal," terang Sani. (*)

Editor: Dodo