Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lingga Bentuk Forum Anak
Oleh : Jauhari Purwadi
Senin | 02-12-2013 | 19:04 WIB
IMG00300-20131202-1109.jpg Honda-Batam
Camat Singkep, Kisan Jaya, saat mengukuhkan Forum Anak di ruang pertemuan penginapan Gapura, Dabo, Kecamatan Singkep, Senin (2/12/2013).

BATAMTODAY. COM, Singkep - Jumlah anak yang mengalami kejahatan seksual dan kekerasan di Kabupaten Lingga pda tahun 2012 mencapai 11 orang. Jumlah kasus tersebut diketahui saat pembentukan sekaligus pengukuhan Forum Anak di Kecamatan Singkep, di ruang pertemuan penginapan Gapura Dabo, oleh Badan Pemberdayan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Lingga, Senin (2/12/2013).

"Kita juga ikut prihatin  dengan data yang ada terkait kekerasan dan pelecehan terhadap anak. Dari hasil laporan masyarakat yang kita terima, adanya  kasus anak yang terlibat ngelem, kebut-kebutan, sementara untuk kasus obat-obatan terlarang relatif kecil," kata Hernedi, Kabid Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana .

Karena itu, katanya, penting dibentuk Forum Anak tersebut untuk mencegah dan meminimalisir kenakalan anak dan anak yang menjadi korban. Forum ini beranggotakan siswa SMP dan SMA dengan sekretariat di sekolah masing-masing.

Selain itu, imbuh dia, forum ini merupakan wadah agar anak-anak usia sekolah dapat menyampaikan aspirasinya dan dapat terhindar dari pergaulan bebas. Pembentukan Forum Anak tidak saja hanya di Kecamatan Singkep saja, melainkan juga di sembilan kecamatan lainnya di Lingga.

Salah seorang siswi anggota Forum Anak, dalam pertemuan itu, mengatakan, siswa indekos juga menjadi salah satu penyebab tingginya angka kenakalan siswa karena mereka jauh dari pantauan orang tua.

Hal tersebut juga diakui Camat Singkep, Kisan Jaya. Hal itu, katanya, terbukti saat penertiban di bulan puasa kemarin, ditemui sejumlah pelajar berpasang-pasangan di satu lokasi remang-remang, di halaman bangunan kosong yang ditinggalkan pemiliknya di Bukit Timah, Dabo. (*)

Editor: Dodo