Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengenal Lebih Dekat Porsche 'Langka' Carrera GT Milik Paul Walker
Oleh : Redaksi
Senin | 02-12-2013 | 12:51 WIB
Porsche-Paul-1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Porsche Carrera GT. (Foto: Otomotifnet)

BATAMTODAY.COM - Paul Walker memang identik dengan dunia kebut. Tak hanya di film, di dunia nyata pun, pemeran Brian O'Conner di the Fast & Furioust ini akrab dengan mobil cepat. Salah satunya Porsche Carrera GT, yang menjadi mobil terakhir yang ditumpanginya sebelum tewas.

Carrera GT merupakan salah satu mobil yang beringas dari Porsche. Bahkan, sering disebut sebagai supercar yang tidak mudah dikemudikan, meski dengan profesional sekalipun.

Porsche membenamkan mesin di belakang. Sebuah mesin berkapasitas 5.700cc dengan konfigurasi V10. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga mencapai 612 dk dan torsinya mencapai 590 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi 6 speed.

Porsche Carrera GT bisa berakselarasi dari diam sampai 100 km perjam hanya dalam waktu 3,6 detik dan bisa dipacu sampai dengan kecepatan maksimal 330 km perjam.

Dengan performa seperti itu, piranti yang biasa digunakan pada ajang balap pun terdapat pada Carrera GT. Sistem pengereman menggunakan material Carbon fibre-reinforced Silicon Carbide (C/SiC) ceramic composite guna meladeni performa gaharnya dan lebih tahan panas.

Carrera GT mempunyai lubang udara, di samping dan di depan yang besar untuk mempercepat pendinginan mesin V10 di balik kap karbon fiber. Mobil ini juga punya fitur unik guna menunjang aerodinamis mobil saat dikemudikan dalam kecepatan tinggi, dimana spoiler sayap akan otomatis muncul ketika mobil melaju diatas 110 km perjam.

Mobil ini merupakan salah satu supercar langka, yang hanya diproduksi sebanyak 1.270 unit terhitung sejak 2004 sampai 2007, dan hanya setengah dari jumlah tersebut yang masuk ke Amerika.

Seperti dilansir Autoweek, hari ini (2/12/2013) Porsche Carrera GT milik Paul Walker sendiri merupakan produksi tahun 2005 dengan jarak tempuh di odometernya tercatat 5.283 km. Paul sendiri merupakan pemilik ke enam dari mobil yang sama sejak tahun 2005.

Sumber: mobil.otomotifnet.com