Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Personel Polisi Siaga di Tanjunguncang
Oleh : Berton Siregar
Senin | 02-12-2013 | 10:01 WIB
DSC_0091.jpg Honda-Batam
Ratusan personel polisi tampak siaga di Tanjunguncang.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan personel aparat kepolisian dari Polsek, Poltabes, dan Polda Kepri, bersiaga di sejumlah kawasan industri di Tanjunguncang, Senin (2/12/2013) pagi ini, untuk mengantisipasi aksi massa buruh. 

Aparat berpakaian lengkap yang terdiri dari Satuan Pengendali Massa (Dalmas) dan Brigade Mobil (Brimob) itu terlihat siaga di kawasan Latrede Tanjunguncang, simpang Kampung Becek, dan persimpangan pelabuhan Sagulung.

Pantauan BATAMTODAY.COM, kerumunan massa buruh sudah berkumpul di simpang Base Camp, simpang Kampung Becek Fanindo, dan simpang pelabuhan Sagulung. Mereka menunggu untuk berangkat ke kantor Wali Kota Batam pukul 09.30. Wib.

"Kita akan ke Pemko, Bang," ujar salah seorang buruh.

Tidak sampai satu jam, ribuan buruh dari berbagai perusahaan yanga ada di Tanjunguncang sekitarnya, sudah terkumpul untuk melakukan aksi demo menuntut UMK sektoral ke Kantor Wali Kota Batam di Batam Centre, Senin (2/12/2013) pagi.

Para buruh ini sebagian berkumpul di depan Fanindo Tanjunguncang, sementara sebahagian lagi masih tetap di tengah jalan untuk memblokir jalan bagi para buruh yang hendak memasuki perusahaan. "Yang merasa buruh belok, dan berkumpul. Tidak ada yang bekerja, kita mau ke Pemko," ujar salah seorang buruh yang memegang bendera FSPMI.

Hasrul, salah satu buruh yang hendak bekerja, tidak dapat berbuat banyak dengan pemblokiran jalan tersebut. "Kita takut disweeping, dan motor dirusakin. Mending saya pulang dan istirahat," ujarnya.

Sementara anggota kepolisian terlihat sudah mulai sibuk mengatur lalu lintas yang memang macet hingga berapa kilometer dari simpang Kampung Becek sampai simpang Basecamp Batuaji. (*)

Editor: Dodo