Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertamina Beli Aset ConocoPhillips di Aljazair
Oleh : Redaksi
Jum'at | 29-11-2013 | 14:52 WIB
conocophillips+algeria.jpg Honda-Batam
Lokasi aset ConocoPhilips di Aljazair yang dibeli Pertamina.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Pertamina pada Rabu menyatakan telah menyelesaikan pembelian aset ConocoPhillips di Aljazair. Pembelian senilai $1,75 miliar itu merupakan keberhasilan akuisisi pertama Pertamina di luar negeri.

Dengan akuisisi ini menjadikan Pertamina menguasai 65 persen saham di Blok 405a, yang memiliki tiga lapangan minyak utama, yaitu Menzel Lejmat North (MLN), Ourhoud, dan EMK. 

"Akuisisi skala besar ini memberikan Pertamina minyak mentah kualitas tinggi dalam jumlah yang signifikan dan merepresentasikan milestone kunci pada upaya ekspansi bisnis upstream internasional Pertamina," kata Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, dalam siaran persnya.

Pertamina, yang masih menjadi perusahaan dengan produksi migas terbesar di dalam negeri, telah memburu aset asing selama beberapa tahun terakhir. Langkah ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan migas dalam negeri.

Pertamina pertama kali mengumumkan rencana akuisisi Aljazair ini pada tahun lalu. Saat itu, Pertamina menyatakan akuisisi akan menambah produksi minyak mentah sebesar 23 ribu barel per hari dari 196 ribu barel per hari. Pertamina menargetkan produksi minyak mentah 244 ribu barel per hari pada akhir tahun. (*)

Editor: Dodo