Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Massa Buruh Bertambah, Jalur Bandara Hang Nadim Batam Terancam 'Lumpuh'
Oleh : Ali
Kamis | 28-11-2013 | 10:43 WIB
aksi buruh batam blokir bandara.jpg Honda-Batam
Buruh memblokir akses jalan menuju Bandara Hang Nadim, Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Massa buruh yang memblokir jalan menuju arah bandara Hang Nadim Batam, Kamis (28/11/2013), diperkirakan akan bertambah. Dengan adanya aksi ini, akses menuju bandara Hang Nadim Batam terancam lumpuh.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM, ribuan buruh pekerja kawasan industri Mukakuning beserta buruh kawasan Taiwan sedang sudah tiba di lokasi tersebut. Sementara, sebagian buruh difokuskan di kawasan pemerintahan, Batam Center.

Sementara itu, koordinator buruh, Ujang Rohma menyampaikan, aksi dilakukan buruh menuntut pemerintah mengontrol harga sembako serta meminta Gubernur Kepri sesegera mungkin mengesahkan upah kelompok usaha.

"Dan kami menanyakan, kenapa Gubernur Kepri belum juga mengeluarkan angka upah 2014. Serta kami menuntut upah kelompok  tidak boleh dihapuskan," ujarnya di lokasi.
 
Upaya pembelokiran aksi Bandara Hang Nadim dan sekitarnya yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB, sempat terjadi negosiasi antara aparat kepolisian dan massa yang berupaya melumpuhkan aktivitas Bandara.

"Untuk pasukan ditambah dengan cepat, karena tadi sempat terjadi tolak menolak karena buruh mencoba masuk ke bandara," kata seorang perwira kepolisian kepada BATAMTODAY.COM di lokasi.

Kekuatan personil Polisi kemudian ditambah dengan menyertakan mobil baracudda dan juga barikade kawat berduri yang baru tiba di lokasi tersebut.

Editor: Dodo