Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Unjuk Rasa Buruh Soal UMK Batam 2014

Pintu Kawasan Industri Ditutup, Samsat Tetap Layani Warga
Oleh : Berton Siregar/Ali
Kamis | 21-11-2013 | 09:26 WIB
batamindo barikade.jpg Honda-Batam
Gerbang kawasan industri Batamindo yang dibarikade dengan kawat berduri menyusul demo buruh hari ini.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah kawasan industri di Batam terpantau memperketat penjagaannya menyusul aksi unjuk rasa buruh yang akan digelar di Graha Kepri, Batam Center menyikapi putusan UMK Batam 2014, Kamis (21/11/2013).

Seperti kawasan industri Batamindo di Mukakuning yang terpantau membentangkan barikade kawat berduri di sejumlah pintu masuknya. Sekuriti kawasan tersebut hanya membuka dua akses bagi buruh dan manajemen perusahaan di Pintu II dan Pintu IV saja.

"Hal ini kita lakukan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan," kata salah seorang sekuriti.

Hal yang sama juga terjadi kawasan industri Panbil. Penjagaan di lokasi tampak diperketat dengan tambahan adanya personel Polisi dari Polresta Barelang.

Sementara itu, meski menjadi sasaran demo, aktivitis Kantor Sistim Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kepri yang berada di Graha Kepri tetap akan beroperasi untuk melayani warga.

Hal tersebut dikatakan Kasubdit Regiden Polda Kepri, Ajun Komisaris Besar Polisi Andri Sudarmanto. Menurutnya aksi demo yang akan dilakukan buruh didepan gedung perwakilan Gubernur Kepri, tidak akan menghalangi pelayanan Samsat.

"Pelayanan tetap jalan seperti biasa, gak ada masalah," ujar Andri kepada BATAMTODAY.COM.

Editor: Dodo