Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspadai Hujan dan Gelombang Tinggi Selama November
Oleh : Ali
Rabu | 20-11-2013 | 12:37 WIB
hujan.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pada November 2013 di wilayah Kepri, khususnya Batam diprediksi masih berpeluang hujan hingga terjadinya gelombang tinggi di perairan yang disertai angin kencang. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengimbau kepada masyarakat khususnya pengguna transportasi laut untuk tetap waspada, khususnya di malam hari. 

"Tidak hanya kepada nelayan, namun juga kepada pengguna transportasi laut agar tetap berhati-hati, karena gelombang sudah cukup tinggi dan hujan deras disertai angin kencang pada November ini dikarenakan bila terjadi hujan jarak pandang akan  menurun. Khususnya di malam hari untuk wilayah Bintan, Anambas dan Natuna," ujar Kepala BMKG Hang Nadim Batam Philip Mustamu melalui Kasi Data dan Informasi, Tri Agus kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (20/11/2013). 

Terjadinya hujan sepanjang November 2013 ini dikarenakan adanya angin yang berhembus dari barat ke barat daya. Dengan demikian, tambahnya awan-awan dari wilayah Sumatra daratan akan terbawa ke wilayah Kepri.

"Dan juga disebabkan adanya daerah pusaran angin (eddy) di wilayah perairan Natuna yang menyebabkan terbentuknya pola belokan angin (shearline) di wiilayah Kepulauan  Riau yang mendukung dalam pertumbuhan awan," terangnya.

Sementara itu, melalui dara prakirawan cuaca BMKG Hang Nadim, Sri Sulismiyati menyampaikan untuk wilayah Batam, Tanjungpinang dan Bintan, Karimun, Natuna terjadi hujan berpeluang petir terjadi siang menjelang sore hari dan malam menjelang pagi hari. Sementara untuk wilayah Lingga dan Anambas diprediksikan malam menjelang pagi hari terjadi hujan.

Sedangkan untuk tinggi gelombang di wilayah Batam, Tanjungpinang dan Bintan maksimum mencapai 2,5 meter. Karimun maksimum 1,5 meter. Sedangkan untuk Natuna dan wilayah Anambas tinggi gelombang maksimun 3 meter.

Editor: Dodo