Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Rusak, Keberangkatan Penumpang Asal Tarempa Tertunda
Oleh : Nursali
Senin | 18-11-2013 | 15:42 WIB
Kapal_VOC_Batavia.jpg Honda-Batam
Kapal VOC Batavia yang mengalami kerusakan mesin.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Kapal VOC Batavia yang melayani penumpang jurusan Tarempa-Letung-Tanjungpinang mengalami kerusakan. Akibatnya penumpang asal Tarempa yang telah membeli tiket untuk tujuan Tanjungpinang terpaksa menunda keberangkatan menunggu kapal tersebut diperbaiki.

"Kapal VOC Batavia sesuai jadwal seharusnya berangkat hari Sabtu (15/11/2013) lalu namun karena mengalami kerusakan terpaksa ditunda keberangkatannya menuju Tanjungpinang. Kapal saat ini menunggu spare part dari Tanjungpinang," kata Plh Kepala Syahbandar Tarempa, Darlis kepada wartawan, Senin (18/11/2013).

Darlis menambahkan, kerusakan terjadi saat kapal dari Tanjungpinang menuju Tarempa, tepatnya memasuki perairan Letung. Saat itu bagian mesin kapal mengetahui jika pendingin mesin tidak berfungsi dan akhirnya mesin tidak berfungsi secara normal. Kapten kapal tetap berupaya untuk berjalan secara perlahan hingga sampai ke Pelabuhan Tarempa dengan selamat.

"Pendingin mesin rusak sehingga mengakibatkan mesinnya tidak bisa berjalan secara normal. Namun kapal tetap berjalan walaupun lambat namun bisa juga sampai di pelabuhan Tarempa dengan selamat. Saat ini pihak kapal sudah berupaya untuk memperbaikinya dan kabarnya menungga suku cadang mesin dari Tanjungpinang yang dibawa oleh kapal Seven Star Island yang masuk hari ini," katanya.

Akibat terjadinya kerusakan pendingin mesin, kata Darlis terpaksa jadwal keberangkatan diundur hingga Selasa (19/11/2013) sambil menunggu suku cadang datang dan langsung dilakukan perbaikan kapal. Namun beberapa penumpang sempat memaksa untuk diberangkatkan ke Tanjungpinang namun tidak diizinkan oleh pihak Syahbandar.

"Di pelabuhan sudah dibuat pengumuman penundaan keberangkatan hingga Selasa, namun kita lihat nanti apakah selesai diperbaiki saat kedatangan sparepart atau tidak namun yang pasti satu kapal hari Selasa(19/11) besok satu kapal berangkat yakni Seven Star Island tapi jika VOC juga selesai diperbaiki akan kita berangkatkan juga namun tetap kita menunggu koordinasi dengan pihak manajemen kapal. Bahkan ada penumpang meminta agar tetap diberangkatkan namun kita tidak izinkan padahal, ini untuk keselamatan penumpang itu sendiri," katanya.

Sementara, Rudi salah satu penumpang yang telah membeli tiket mengaku kecewa karena tidak bisa berangkat ke Tanjungpinang. Namun dirinya tetap menunggu kepastian dari pihak kapal VOC Batavia apakah ada perubahan jadwal atau ada kapal penggantinya.

"Kalau memang kapal yang rusak bagaimana lagi, kita terpaksa menunggulah dan kabarnya hari ini, Senin (18/11) kapal Seven Star Island sudah berangkat dari Tanjungpinang dan sore pasti sudah sampai di sini. Biasanya besok pagi pasti berangkat dan akan kita dengar saja kabar dari agen kapal apakah bisa besok (Selasa, red) berangkat atau tidak," katanya.

Editor: Dodo