Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas Infokom Anambas Bangun Repeater di Tiga Pulau Besar
Oleh : Nursali
Rabu | 13-11-2013 | 13:19 WIB
anambas_jeprizal_infokom.jpg Honda-Batam
Sekretaris Infokom Anambas, Jeprizal.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Untuk meningkatkan kelancaran komunikasi hingga ke tingkat kecamatan,  Dinas Infokom Kabupaten Kepulauan Anambas segera membangun tiga titik repeater. Ketiga titik tersebut akan dibangun di tiga pulau terbesar di Anambas, Jemaja, Palmatak dan Siantan.

"Untuk meningkatkan sarana komunikasi handy talky (HT) harus ada repeater agar jaringan bisa menjangkau lebih luas diantara desa yang belum ada sinyal telepon. Selain itu kondisi kepulauan yang susah menjangkau jaringan sinyal jadi masyarakat yang memiliki HT juga bisa memanfaatkan jaringan itu nantinya dengan mencari frekuensi tertentu," kata Sekretaris Infokom Anambas, Jeprizal kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (13/11/2013).

Jeprizal menambahkan, Dinas Infokom telah melayangkan surat kepada pemilik tower untuk memasang repeater tersebut dan akan ditentukan titik tower yang menjangkau luas untuk wilayah itu.

"Pihak ketiga yang memiliki tower sudah kita layangkan surat karena repeater akan dipasang disana dan akan kita tentukan tower mana yang paling luas jangkauannya. Repeater akan dipasang di bawah repater operator selular sehingga tidak mengganggu pemilik tower, kira- kira ketinggiannya antara 30 meter hingga 35 meter," katanya.

Pemasangan repeater tersebut, kata Jeprizal, nantinya bisa juga digunakan untuk menunjang kelancaran komunikasi saat Pemilu. Apapun yang terjadi didaerah yang belum terjangkau sinyal telepon bisa menggunakan HT atau Radio Reg karena jangkauan untuk radio reg bisa mencapai 150 kilometer. Sehingga pemasangan repeater bisa meningkatkan komunikasi antara penduduk di kecamatan hingga desa ke kabupaten Anambas.

"Sebagai contoh Desa Putik dan Kiabu, disana belum ada sinyal telepon jadi dengan pemasangan repeater masyarakat bisa menggunakan HT atau radio reg. Apalagi saat pemilu nanti dari desa atau kecamatan bisa melaporkan hasil penghitungan suara kepada kabupaten dengan cepat," ujarnya.

Editor: Dodo