Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ICW Gelar Konser dan Galang Dana
Oleh : Surya
Selasa | 07-12-2010 | 11:20 WIB

Jakarta, batamtoday - Indonesian Corruption Watch (ICW) menggelar konser musik bertajuk GIPSI (Generasi Anti Korupsi) sebagai ajakan kepada generasi muda untuk turut ambil peran dalam pemberantasan korupsi, Selasa (7/12) mulai dari pukul 12.30 - 17.00 WIB di Main Atrium Margo City, Depok.

Sejumlah penyanyi dan grup band akan tampil seperti, Baron Soulmate, Montecristo, Edo Kodologit, Efek Rumah Kaca, Roots, Okky Lukman. Kemudian, Respito, Jiunk, Last Child, Melani Subono, Sandi Pass Band.

Sementara sejumlah tokoh dan aktivis akan hadir diantaranya, Bambang Widjojanto (Praktisi Hukum), Effendi Ghazali (Pakar Komunikasi/akademis, Teten Masduki (Sekjen Tranparency International Indonesia, Danang Widoyoko (Koordinator ICW, Usman Hamid (Pengurus Kontras, juga turut hadir Wanda Hamidah (artis/anggota DPRD DKI Jakarta).

Koordinator Kampanye dan Penggalangan Dana Publik ICW, Illian Deta Arta Sari, kepada batamtoday mengatakan, konser ini memang membidik kalangan anak muda, karena ternyata, menurutnya sambil memberi contoh sosok Gayus Tambunan, kalangan generasi muda juga tidak lepas dari praktik-praktik korupsi.

"Gayus itu masih muda, berusia 30-an, tapi coba kita lihat kiprah korupsinya," ujar Illian.

Dalam acara tersebut, kata Illian,  juga akan dilakukan penggalangan dana bagi independensi ICW.
"Selama ini ICW bekerja semata-mata dengan donasi dan dukungan masyarakat baik orang per orang maupun kelompok, dan juga dengan lembaga -lembaga non profit," ujar Illian.

"ICW, demi independensinya, tidak mencari dana atau menolak pemberian donasi dari lembaga asing ataupun lembaga-lembaga pemerintah, dan juga menolak dana dari perusahaan-perusahaan bermasalah, " tegas Illian.

"Ini untuk dan demi menghindari konflik kepentingan," sergahnya.

Penggalangan dana ini juga diharapkan akan meningkatkan kepemilikan publik atas ICW, serta menjaga kesinambungan program pemberantasan korupsi.

"Maka ICW mengajak masyarakat untuk mendukung dan mensupport ICW melalui donasi yang bisa dilakukan setiap bulan atau sesuai yang dikehendaki, ajak Illian.

Dengan berdonasi ke ICW, katanya, berarti telah menjadi bagian dari perlawanan terhadap korupsi. Kepada para Supporternya, jelasnya, ICW akan memberikan laporan perkembangan program dan kegiatan ICW secara berkala. ICW juga akan melibatkan para supporter dalam berbagai kegiatan pemberantasan korupsi.

Selain menampilkan musik, acara itu juga akan diisi orasi sejumlah tokoh dan aktivis yang selama ini dikenal aktif sebagai penggiat anti korupsi.