Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bentrok Buruh-Ormas Nyaris Pecah di Kawasan Industri Puri Industrial Park
Oleh : Irwan Hirzal/Hendra Zaimi
Kamis | 31-10-2013 | 11:49 WIB
monas pos sekuriti.jpg Honda-Batam
Pos sekuriti Puri Industrial Park yang pecah kacanya.

BATAMTODAY.COM, Batam - Bentrokan antara buruh dengan sejumlah anggota sebuah Organisasi Masyarakat (Ormas) nyaris pecah di kawasan industri Puri Industrial Park, Batam Center, Kamis (31/10/2013).

Ketegangan itu dipicu dari aksi sweeping oleh sejumlah buruh yang melakukan mogok nasional hari ini terhadap para buruh lain yang masuk kerja. Awalnya, sweeping itu hendak dilakukan oleh ratusan buruh, namun tertahan sejumlah anggota ormas yang berjaga di Pintu 2 kawasan industri Puri Industrial Park.

Para buruh ini akhirnya hanya diizinkan lima orang saja yang masuk ke kawasan industri tersebut. Berselang beberapa menit, lima orang yang diizinkan untuk melakukan sweeping ke dalam kawasan industri Puri Industrial Park, tidak menemukan buruh yang sedang berkerja. Namun ternyata ada buruh melihat salah satu perusahaan yang masih beroperasi dan masih memperkerjakan buruhnya.

Massa buruh ini langsung melemparkan batu ke arah perusahaan yang tak jauh dari pos sekuriti di Pintu 2. Pos sekuriti itu menjadi sasaran sehingga beberapa kaca pecah dan berserakan. Sempat ada lemparan balasan dari sejumlah anggota ormas itu, namun kemudian massa meninggalkan lokasi.

Aksi ribuan massa buruh ini membuat macet akses jalan dari arah Batam Centre menuju Legenda Malaka, sehingga macet total terjadi di depan Perumahan Puri Legenda.

Pantauan BATAMTODAY.COM, tampak ribuan buruh melakukan konvoi menuju Simpang Kabil dan membuat jalan raya menjadi lautan buruh.

Editor: Dodo