Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nasdem Akhirnya Ganti Baju Jadi Parpol
Oleh : Surya/Tunggul Naibaho
Senin | 25-04-2011 | 16:59 WIB
nasdem.jpg Honda-Batam

Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, ketika melantik Ketua Nasdem Kepri, H Amin di Batam, Januari 2011. (Foto: Ist).

Jakarta, batamtoday - Organisasi massa (Ormas) Nasional Demokrat (Nasdem) akhirnya berganti baju dan merubah dirinya menjadi partai politik (parpol).

Kepastian berubahnya Nasdem dari ormas menjadi parpol disampaikan Direktur Tata Negara Kemenkum HAM, Asyari Syihabuddin, kepada wartawan, Senin 25 April 2011.

"Ya, Nasdem dan Nasrep, juga Partai Persatuan Nasional sudah mendaftar (menjadi parpol, red), kita minta mereka lengkapi berkas," kata Asyari.

Nasrep atau Nasional Republik adalah partai yang dipimpin Tommy Suharto.

Nasdem adalah Ormas yang dibangun Surya Paloh bersama sejumlah tokoh lintas partai dan lintas suku, agama dan ras. Turut mendirikan Nasdem, Sri Sultan Hamengkubuwono X, yang duduk sebagai Ketua Dewan Pembina. Sedangkan Surya Paloh sebagai ketua Umum.

Kepengurusan Nasdem di tingkat proivinsi sudah lengkap, sehingga sudah banyak diprediksi Nasdem akan berubah menjadi parpol. Apalagi, Surya Paloh mendirikan Nasdem pascakekalahanya untuk merebut kursi Ketua Umum Partai Golkar yang dimenangkan Aburizal Bakrie.

"Kami minta mereka harus melengkapi persayaratan paling lambat sampai 22 Agustus 2011. Mereka akan mengikuti tahap verifikasi parpol bulan agustus 2011 nanti," tuturnya.

Akhir pendaftaran partai baru yaitu tanggal 22 Agustus 2011. Proses verifikasi partai politik peserta Pemilu 2014 akan dilaksanakan pada dua hari berikutnya.

Asyari menambahkan, partai politik peserta pemilu harus memiliki kepengurusan di 60 persen dari jumlah provinsi yang ada, dan harus memiliki separuh kepengurusan di kabupaten/kota dalam provinsi, dan seperempat kepengurusan tingkat kecamatan dalam kabupaten/kota.

Buat Nasdem, nampaknya hal tersebut tidak terlalu sukar, karena road show yang dilakukan sang pendirinya, Surya Paloh, telah dilakukannya tanpa lelah dalam setahun terakhir ini.

Nasdem Kepri dipimpin H Amin dan berkantor di kawasan Mahkota Raya, Kecamatan Batam Kota, Batam, Kepri.

Sedangkan Nasdem untuk Kota Batam dipimpin Rudi, Wakil Walikota Batam, yang juga dikenal politisi dari PKB.