Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Biaya Wisuda Stikes Hang Tuah Tanjungpinang Rp4,5 Juta Dinilai Sangat Memberatkan
Oleh : CR/TPI
Kamis | 26-09-2013 | 08:41 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hang Tuah Tanjungpinang, mengeluhkan mahalnya biaya wisuda di kampus tersebut. Biaya wisuda yang dipatok sebesar Rp 4,5 juta, dirasakan beberapa mahasiswa Stikes Hang Tuah sangat memberatkan.

Menurut penuturan seorang mahasiswa yang hendak diwisuda, biaya tersebut masih di luar biaya kursi keluarga yang diundang wisudawan, yang juga dipatok seharga Rp 70 ribu untuk satu orang undangan.

"Kami mahasiswa ya mau nggak mau bayar saja daripada tidak jadi wisuda," ujar seorang calon wisudawan Stikes Hang Tuah, Tanjungpinang, Rabu (25/9/2013).

Dia mengaku, sejumlah mahasiswa kurang mampu hanya bisa mengeluh dalam hati. Terlebih orang tua mereka. "Banyak kok teman-teman yang akan diwisuda curhat kalau orang tua mereka sampai menjual barang, ada yang gadai perhiasan, jual sampan untuk kerja pun ada," ujar mahasiswa tersebut.

Uniknya, biaya wisuda di kampus di Tanjungpinang ini dinilai sangat memberatkan. Seorang alumni Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Amikom Yogyakarta tahun 2013, Fahri, mengatakan, ketika diwisuda mereka hanya mengeluarkan biaya Rp600 ribu saja.

"Di Jogja atau daerah lain paling tinggi saya tidak tahu. Tapi di tempat kami Rp600 ribu. Itu pun di sana sudah termasuk tinggi. Dan saya juga kaget uang wisuda di sini tinggi," ujar Fahri. (*)

Editor: Dodo