Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pipa Besi Jatuh, Simpang Rujak Macet Total
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 25-09-2013 | 18:21 WIB
pipa jatuh.jpg Honda-Batam
Proses pengangkatan pipa besio yang terjatuh di Simpang Rujak.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebuah pipa besi untuk proyek bawah laut seberat empat ton yang sedang diangkut truk gandeng milik PT Bok Seng terjatuh ke aspal di Simpang Rujak Sei Panas, Rabu (25/9/2013) sekitar pukul 16.00 WIB. Akibatnya arus kendaraan dari arah Baloi menuju Batuampar macet total.

Pantauan BATAMTODAY.COM, kemacetan akibat pipa besi yang jatuh ini diperkirakan sepanjang dua kilometer dari Simpang Indosat Baloi menuju Simpang Rujak Sei Panas. Pihak Satlantas Polresta Barelang terpaksa harus menurunkan dua unit truk crane untuk melakukan evakuasi mengangkat pipa besi ke truk gandeng tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, truk tersebut mengangkut tiga batang pipa besi dari kawasan industri Kabil menuju Pelabuhan Makobar Batuampar, naas karena safety yang kurang sehingga membuat tali sling putus dan satu batang pipa besi jatuh ke aspal. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Tiba-tiba saja muatan pipa besi itu jatuh ke aspal, beruntung arus kendaraan lagi sepi jadi tak ada korban dalam peristiwa ini," kata Dodi, salah seorang pedagang di Simpang Rujak kepada wartawan.

Mengetahui kejadian itu, petugas Satlantas Polresta Barelang terjun ke TKP dan mengatur arus lalu lintas yang macet akibat peristiwa ini. Butuh waktu sekitar satu jam bagi petugas dan pihak PT Bok Seng mengevakuasi pipa besi yang jatuh untuk diangkut kembali ke atas truk gandeng.

"Sopir truk kami perintahkan mengantar pipa tersebut ke pelabuhan. Selanjutnya kendaraanya dibawa ke Polres dan ditilang," kata Kanit Patroli Satlantas Polresta Barelang, Iptu Kartijo.

Editor: Dodo