Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPWSM Belajar Pengembangan Investasi Kawasan Industri di Batam
Oleh : Roni Ginting/Rilis
Rabu | 25-09-2013 | 15:08 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura (BPWSM) mengunjungi Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (24/9/2013). Kunjungan tersebut dalam rangka mempelajari pengembangan pola pengusahaan dan kerjasama investasi kawasan industri KKJSM di Batam.

Renata, Konsultan BPWSM dalam kunjungannya menjelaskan bahwa BPWSM dibentuk sejak tahun 2009 berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 27 Tahun 2008 dengan tujuan untuk mengoptimalisasi pengembangan wilayah Surabaya - Madura sebagai pusat pengembangan perekonomian Jawa Timur.

"Hal yang ingin dipelajari oleh BPWSM, diantaranya aspek perencanaan kawasan, aspek kelembagaan kawasan, pola manajemen kawasan, aspek operasional, regulasi kawasan, pola kerjasama dengan pihak lain, serta rencana pengembangan ke depan," kata Renata.

Terkait SDM di BP Batam yang kini berbentuk BLU (badan layanan umum), dijelaskan oleh Budi Bunang Susilo bahwa pegawai di BP Batam terdiri dari PNS dan Non PNS. Untuk pegawai PNS, ada yang statusnya dipekerjakan, dan juga diperbantukan.

Sementara, Direktur Investasi dan Pemasaran BP Batam, Purnomo Andiantono mengatakan telah banyak menerima kunjungan instansi  untuk mempelajari sistem dan regulasi yang berlaku di Batam, karena Batam merupakan salah satu wilayah istiwewa, yaitu FTZ, sehingga memiliki perbedaan dnegan wilayah yang lainnya.

"Hal ini yang menarik bagi instansi di luar wilayah FTZ untuk datang dan mempelajarinya," ujar Purnomo.

Editor: Dodo