Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Saat Snack Jagung Berubah Jadi Karya Seni
Oleh : Redaksi
Kamis | 19-09-2013 | 15:55 WIB
sanck jagung.jpg Honda-Batam
(Foto: VIVAlife)

BATAMTODAY.COM, Tokyo - Seorang seniman asal Jepang menciptakan snack unik berbentuk Buddha. Pria bernama Koshi Kawachi pertama kali mengukir camilan yang terbuat dari jagung menjadi sosok Buddha enam tahun yang lalu karena terinspirasi dari kematian kakeknya.

Setelah kepergian sang kakek, ia ingin mengekspresikan perasaannya dengan menggambarkan kehidupan setelah kematian. Ia mulai menciptakan sosok Buddha dalam camilan stik jagung dengan peralatan dokter gigi.

"Saya hanya mengukir apa yang telah ada di dalam material yang saya pakai," ucap pria berusia 40 tahun tersebut seperti dikutip dari kantor berita Reuters.

Ia juga mengatakan bahwa baginya mengukir snack jagung tersebut layaknya meditasi. Saat melakukan hal tersebut, pikirannya kosong dan tenang.

Satu snack jagung yang berharga 10 yen atau Rp11 ribu itu memiliki 18 varian rasa, antara lain kedelai fermentasi dan siomay gurita. Menurut Kawachi, setiap varian rasa membutuhkan teknik mengukir yang berbeda. Seperti rasa keju yang memiliki tekstur yang lebih halus tentu saja harus diukir dengan lebih hati-hati.

Sebelum mengukir, biasanya Kawachi mempersiapkan snack jagung berukuran 10 cm di meja kerjanya. Setelah selesai berdoa, ia kemudian mulai mengukir. Setelah selesai pun, ia kembali berdoa dan menyantap snack berbentuk Buddha hasil ukirannya tersebut secara perlahan dan menikmati setiap gigitan.

Ia juga mengemas snack yang telah ia ukir dan memasang harga 300 ribu yen atau Rp34,4 juta. Walaupun begitu, ia mengaku belum ada orang yang membelinya.

Sumber: VIVAlife