Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Harus Konsisten Tegakkan Larangan Siswa Bermotor
Oleh : Arjo
Sabtu | 14-09-2013 | 12:12 WIB
pelajar_ngebut.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Rencana Satuan Lalu Lintas Polres Bintan untuk menyosialiasikan pelarangan kepada seluruh siswa yang belum memenuhi syarat untuk mengendarai kendaraan bermotor, mendapatkan tanggapan yang sangat positif.

"Sesuai dengan aturan lalulintas, sudah jelas siapapun dilarang untuk mengendarai kendaraan bermotor, apabila belum memenuhi syarat. Tetapi apa benarkah aturan itu akan diterapkan," kata Wiharjo Kepala SMKN I Bintan di Tanjunguban, Sabtu (14/9/2013).

Karena menurutnya, selain kepolisian harus tegas dan konsisten, pemerintah juga harus mengimbanginya dengan menyediakan transpotasi umum. Karena kalau dua sisi tersebut tidak berjalan beriringan, maka aturan yang ditegakkan tidak akan maksimal.

"Jangan aturan ditegakkan hanya 'hangat-hangat tahi  ayam', saat ada masalah baru diterapkan, namun harus konsisten. Selain itu orangtua siswa juga harus memahaminya," harapnya.

Sementara itu, Indra Setiawan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bintan, menyampaikan dukungannya terharap Satlantas Polres Bintan yang akan menerapkan kebijakan tersebut.

"Fraksi PDI Perjuangan Bintan akan segera mengusulkan Ranperda kepada Pemkab Bintan, terkait larangan dan masalah transportasi massal untuk kebutuhan siswa sekolah, agar perhatian pemerintah kedunia pendidikan lebih baik lagi," ujar Indra yang juga sebagai anggota Komisi III DPRD Bintan.

Editor: Dodo