Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasar Modal Juga Terbuka Untuk Perempuan

Perempuan dan Kemandirian Financial
Oleh : sumantri
Kamis | 21-04-2011 | 14:31 WIB
PIPM.jpg Honda-Batam

Marco Poetra Kawet, Saat memberikan presentasi mengenai "woman investing" di Planet Holiday, Kamis 21 April 2011

Batam, batamtoday - Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Batam, menggelar acara seminar terbatas dengan tema "Perempuan Dan Kemandirian Financial" di Pluto Room Planet Holiday Batam, Kamis 21 April 2011. Marco Poetra Kawet, Kepala PIPM Batam mengatakan, jika acara ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman berinvestasi di pasar modal bagi kaum perempuan. Selain itu Bursa Indonesia juga memiliki jenis-jenis instrumen investasi untuk kaum perempuan/Ibu rumah tangga, yang cenferung memiliki waktu terbatas untuk selalu mengupdate informasi dari pasar modal.

"Bursa tidak hanya untuk kaim lelaki, perempuan juga bisa berinvestasi di pasar modal dengan memilih beberapa instrumen investasi yang tidak memerlukan perhatian ekstra, dan cocok untuk kaum ibu, diantaranya adalah reksadan dan investasi berjangka," ungkap Marco, usai presentasi perkembangan pasar modal Indonesia dalam seminar "Perempuan Dan Kemandirian Financial", kepada batamtoday, Kamis 21 April 2011. 

Dewasa ini, lanjut Marco, investasi bukan hanya dominasi kaum lelaki, perkembangan pasar modal dengan berbagai inovasi dalam bentuk instrumen investasi yang diluncurkan bisa di nikmati juga oleh kaum wanita. Berragam pilihan instrumen Investasi memungkinkan wanita untuk lebih mandiri secara financial dan memiliki kebebasan dalam mengelola aset yang dimiliki. 

Untuk itu, jelas Marco, PIPM berkepentingan untuk memasyarakatkan semangat berinvestasi yang aman di bursa karena dilindungi oleh Undang-Undang investasi oleh negara. Upaya sosialisasi yang cenderung bertujuan ke arah edukasi ini, diyakini akan berdampak positif bagi kaum wanita. Upaya ini juga mematahkan persepsi bahwa pasar bursa hanya dominasi kaum pria. 

"Wanita masa kini juga bisa terlibat secara langsung dalam menginvestasikan asetnya di pasar modal dan membentuk kemandirian finacial dengan tujuan capital gain (keuntungan finacial) yang besar. Tentunya untuk mencapai kearah itu, harus ada pembekalan pengetahuan mengenai investasi di pasar modal dan kami ada di Batam untuk memberikan informasi untuk kaum wanita yang ingin aktif berpartisipasi dalam berinvestasi di pasar modal," ungkap Marco.

Secara periodik, Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui cabang di daerah yaitu PIPM, meluncurkan master plan edukasi berinvestasi di pasar modal yang akan di luncurkan secara periodik selama tahun 2011. salah satunya adalah semina/workshop dengan bidikan segmen khusus kaum wanita. PIPM hari ini juga akan menggelar talkshow selama satu jam mengenai jenis-jenis investasi yang cocok untuk wanita di 105.5 Mhz sing fm, Radio Bisnis Anda, pada Kamis, 21 April 2011, pukul 16.00 - 17.00 wib.