Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Paskalis: Rahasia Negara Jangan Terobral
Oleh : Redaksi
Senin | 06-12-2010 | 14:21 WIB

Jakarta, batamtoday - Anggota Komisi I DPR RI, Paskalis Kossay, dari Fraksi Partai Golkar mendukung langkah pemerintah bersama instansi terkait mengusut kemungkinan terjadinya kebocoran rahasia negara, terkait situs Wikileas.

"Kami mohon Badan Intelijen Negara (BIN) sebagai institusi terkemuka milik negara di bidang intelijen agar bergerak proaktif untuk meneliti kemungkinan bocornya berbagai rahasia negara, jangan terobral murah ke mana-mana," ujarnya Senin (06/12).
 
Paskalis mengkhawatirkan kemungkinan bocornya dokumen-dokumen rahasia menyangkut deposit kekayaan alam beserta peta geo-ekonomi maupun rahasia-rahasia negara lainnya, apalagi jika hal itu kemudian dikomersialisasikan atau disalahgunakan pihak lain.
   
"Karena itulah, kita jangan menganggap remeh terhadap pembocoran rahasia-rahasia diplomatik dan intelijen Amerika Serikat yang ternyata banyak juga mengungkap rahasia-rahasia banyak negara yang bersentuhan dengan Amerika Serikat," katanya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Papua ini juga meminta pemerintah  menginstruksikan institusi terkait agar mengantisipasi kemungkinan beredarnya berbagai rahasia yang bisa saja hasil rekayasa.

"Terutama menyangkut dokumen-dokumen rahasia yang berhubungan dengan pembangunan demokrasi, misalnya terkait dengan proses pemilu, juga berbagai kasus hukum maupun skandal di Tanah Air. Ini perlu diwaspadai dan diantisipasi," kata Paskalis Kosay.