Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditlantas Polda Kepri Imbau Warga Segera Ambil BPKB Asli
Oleh : Ali
Senin | 09-09-2013 | 16:11 WIB
ditlantas_bpkb.jpg Honda-Batam
Direktur Lalu Lintas Polda Kepri, Kombes Pol Tantan Sulistyana.

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktorat Lalulintas Polda Kepri, berharap kepada masyarakat untuk segera mengambil Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dengan membawa BPKB sementara tanpa dipungut biaya.

"Proses penggantian BPKB sementara ke BPKB asli ini tidak dipungut biaya apapun, yang penting pada saat pengambilan BPKB asli, semua dokumen yang dibutuhkan harus ada," kata Direktur Lalu Lintas Polda Kepri, Kombes Pol Tantan Sulistyana dalam konferensi pers di gedung Lancang Kuning, Mapolda Kepri, Senin (9/9/2013) siang.

Dia menjelaskan, ketentuan  pengambilan BPKB asli, pemiliki BPKB harus membawa BPKB sementara asli dan juga identitas diri berupa KTP bagi pemilik perseorangan atau surat keterangan perusahaan bagi pemilikan berbentuk perusahaan atau lembaga dan surat kuasa pengambilan.

Untk proses pengambilan BPK asli, lanjutnya, dapat dilakukan di dua tempat yang dsediakan, yakni di loket pengambilan BPKB Ditlantas Polda Kepri dan di loket khusus di Samsat Kepri, Batam Center.

Proses penggantian BPKB sementara ke BPKB asli akan dilakukan secara FIFO (First In First Out) atau mendahulukan pengajuan yang sudah lebih dahulu masuk. Sementara itu, untuk proses pembuatan BPKB yang pengajuannya baru masuk pada September, maka akan dilayani seperti biasa.

"Bila BPKB asli sudah dikeluarkan, maka BPKB sementara dianggap tidak berlaku dan akan diarsipkan oleh pihak Ditlantas Polda Kepri.

Perlu diketahui, saat ini sebanyak 55.973 unit BPKB sementara yang sudah dikeluarkan untuk seluruh Kepri. Dari puluhan ribu yang akan didistribusikan, Ditlantas akan mengeluarkan secara bertahap. Sehingga BPKB asli yang akan dikeluarkan kepada pemilk BPKB sementara yang telah mengajukan  bulan Apri dan Mei.

Sedangkan pemilik kendaraan yang mengajukan BPKB sementara pada Juni hingga Agustus paling lambat pada Oktober akan didistribusikan BPKB aslinya.

Editor: Dodo