Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BI Minta BPR Tingkatkan Pembiayaan Sektor UMKM
Oleh : Andri Arianto
Rabu | 20-04-2011 | 14:23 WIB

Batam, batamtoday - Elang Tri Praptomo, Pimpinan Bank Indonesia (BI) Cabang Batam menekankan kepada seluruh bank perkreditan rakyat (BPR) di Batam agar terfokus pada pembiayaan modal Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Hal tersebut katanya akan mampu menjaga keseimbangan pembiayaan kredit selama ini yang cenderung optimal pada sektor konsumtif semata.

"UMKM lebih tepat mendapat kucuran kredit demi peningkatan usahanya, jadi mari sama-sama kita fokuskan pembiayaan kredit sektor UMKM ini," kata Elang ketika dihubungi batamtoday, 20 April 2011.

Pengembangan sektor rill itu, masih kata Elang mampu meningkatkan peran perbankan itu sendiri serta sekaligus sebagai penopang pertumbuhan ekonomi yang dicapai Indonesia secara nasional selama ini.

Selain itu, Elang juga berpesan agar pihak perbankan selektif sesuai standar prosedur dalam mempelajari permohonan pengajuan kredit, untuk menghindari adanya permainan "oknum-oknum" internal perbankan dengan pihak luar.

Saat ini, BI mencatat Non Performing Loan (NPL) di Batam saat ini mencapai 2,37 persen dan dengan komitmen pemberian kredit pada sektor UMKM, diprediksi besaran NPL tersebut dapat ditahan hingga turun signifikan.

NPL, kata Elang merupakan masalah berbahaya bagi perbankan nasional. Strategi menghindari rasio NPL yang tinggi lanjut Elang salah satunya adalah dari penyaluran kredit yang efisien degan mempertimbangkan alokasi dana yang efisien seperti penyeluran kredit yang bisa memberikan nilai kembali cukup tinggi.