Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wali Murid SD Negeri 002 Bengkong Keluhkan Desakan Guru Bayar Buku
Oleh : Ali
Jum'at | 06-09-2013 | 14:36 WIB
sekolah_mahal.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 002, Bengkong mengeluhkan pungutan pembelian buku mata pelajaran di sekolah anaknya sebesar Rp389 ribu. Pasalnya pihak guru mendesak anaknya segera harus dibayar paling lambat Sabtu (7/9/2013) esok.

Hal tersebut disampaikan wali murid kelas III, sebut saja Nurul. Menurutnya uang sebanyak Rp389 ribu yang harus dibayar itu merupakan keseluruhan buku cetak dan buku LKS yang dijual pihak sekolah.

"Sabtu ini sudah harus dibayar semuanya. Kemana kami harus mencari secepat itu," kata ibu tiga anak ini, Jumat (6/9/2013).

Dia kebingungan atas tidak adanya bantuan seperti dari Dinas Pendidikan Kota Batam, dana BOS yang dapat meringankan bebannya seperti adanya tiga buku gratis untuk setingkat SMA.

"Untuk tingkat SMA negeri saja ada buku yang digratiskan, seperti anak tetangga saya. Masak untuk tingkat SD tidak ada. Gimana ini pemerintah?," keluhnya.

Lembaran buku yang diperoleh anaknya itu dari sekolah terdiri sebanyak19 item buku cetak dan lembaran LKS.

Nurul tak ingin menyebutkan nama aslinya, karena tidak ingin seklah anaknya mendapat tekanan dari pihak guru dan dia berharap ada kebijakan dari Dinas Pendidikan Kota Batam.

Editor: Dodo