Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mobil-mobil Baru Dihantui Kenaikan Harga dan Pajak Barang Mewah
Oleh : Redaksi
Jum'at | 06-09-2013 | 10:37 WIB
suzuki_wagon.jpg Honda-Batam
Suzuki Wagon-R.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Salah satu magnet pengunjung membanjiri Indonesia International Motor Show (IIMS) 19-29 September 2013 pastinya kehadiran mobil-mobil baru. Ya, karena IIMS masih diasumsikan sebagai waktu yang tepat beli mobil baru karena dapat diskon, hadiah serta iming-iming lainnya. Padahal di saat sekaranglah waktu yang pas beli mobil kalau mau mencari diskon yang besar.

Adanya gejolak moneter seperti saat ini bisa jadi harga jual mobil baru di IIMS nanti sudah harga baru alias naik harga. Bahkan beberapa mobil baru yang akan dimunculkan di IIMS sudah pula dirilis duluan dan sudah tersedia di dealer. Memang ada sebagian mobil baru yang baru akan dimunculkan pada saat pameran.

Audi

Beberapa diantaranya adalah Audi. Ada empat model baru yang akan diboyong PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku APM-nya ke IIMS 2013 yaitu Audi A7 Sportback 3.0 Turbo FSI Quattro, RS4 Avant 4.2 FSI Quattro, RS5 Coupe 4.2 FSI Quattro dan R8 V10 5.2 FSI Quattro. Pihak GMM belum mengkonfirmasikan apakah harga jualnya nanti sudah dengan PPnBM (Pajak Barang Mewah) baru? Soalnya per September ini pemerintah akan menaikkan PPnBM mobil-mobil premium 3.000 cc ke atas dari 75 persen menjadi 125-150 persen.

BMW

BMW, merek Jerman lainnya siap menampilkan Z series terbaru yakni New Z4 Roadster 2.0L. Desainnya sangat elegan dengan nuansa sporty yang kuat lewat atap terbuka. Masih dari merek daratan Eropa, Peugeot bakal mendatangkan 208 GTi 'hot hatch' 1.6L bensin 4 silinder turbocharged. Sementara itu Renault yang 'come back' lagi ke pasar Indonesia memastikan tidak hanya menjual SUV Duster 1.5L diesel dCi tapi siap mendulang penjualan dari SUV Koleos 2.5 CVT, Clio RS 1.6 EDC hingga jagoannya Megane RS (Renault Sport) 2.0 turbocharged 2 pintu. Basisnya dari Renault Megane yang didesain sejak 2004. Bertenaga maksimal 265 PS dan 0-100 km sanggup ditempuh dalam 5,9 detik.

Tata Motors

Tata Motors India di IIMS tahun ini juga akan 'hard selling'. Ada tiga produk unggulannya yang barangkali akan memikat Anda yaitu mini hatchback Tata Vista 1.4L, Tata Aria 2.2L yang diklaim sebagai mobil crossover campuran antara MPV dan SUV serta SUV Tata Safari Storme 2.2L diesel. Pekan depan ketiganya akan diperkenalkan ke awak media terlebih dulu.

Ford

Sementara itu Ford dikabarkan akan mendatangkan SUV EcoSport 1.5L dan New Fiesta yang berganti wajah. Mazda pun gosipnya akan memajang New Mazda2 facelift dengan gril bergaris 5 buah yang fotonya sudah beredar di majalah otomotif Jepang.

Suzuki

Hadirnya 6 unit K-Car di stan Suzuki wajib dicermati siapa tahu Anda tengah mencari mobil kecil dan irit. Pihak Suzuki belum mau membocorkan nama ke-6 city car tersebut. Bisa jadi ini ajang mengenalkan atau survey kepada pengunjung karena Suzuki sudah menyatakan akan ikut proyek mobil LCGC. Salah satu modelnya sempat dipamerkan di Jakarta Fair bulan lalu yaitu Suzuki Concept G II alias Wagon R.

Daihatsu

Nah, ini dia yang barangkali sudah Anda tunggu-tunggu selama setahun. Di IIMS tahun ini Daihatsu tidak lagi hanya memajang saja namun langsung akan membuka daftar penjualan Ayla. Ada 5 unit yang sudah disiapkan untuk pengunjung yaitu Ayla GT (versi sport), Ayla Luxury (berwajah elegan), Ayla X-Track (model crossover) serta Ayla M dan X yang sudah berbalut aerokit buatan Daihatsu sendiri. 

Sumber: otomotifnet.com