Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Burger Terbesar di Inggris Bobotnya Capai 11 Kilogram
Oleh : Redaksi
Kamis | 05-09-2013 | 13:36 WIB
burger_terbesar.jpg Honda-Batam
Burger terbesar di Inggris. (Foto: Daily Mail)

BATAMTODAY.COM, London - Kepopuleran burger di dunia menginspirasi beberapa restoran untuk membuat aneka burger berukuran besar, seperti burger sembilan lapis yang mengandung 5.100 kalori dan burger setinggi 30 cm yang mengandung 7.000 kalori.

Rupanya masih ada lagi burger yang lebih besar dan mengandung lebih banyak kalori. Baru-baru ini restoran Plymouth di Inggris membuat burger seberat 11 kg dan mengandung 25.000 kalori!

Burger raksasa ini terdiri dari dua lembar roti burger (burger bun) berukuran masing-masing sekitar 50 cm dengan isian daging seberat sekitar 9 kg. Sedangkan isiannya terdiri dari hampir 2 kg keju leleh, 20 lembar irisan tomat dan sekitar 0,5 kg sayur-sayuran.

Kehadiran burger ini sekaligus memecahkan rekor burger terbesar di Inggris yang sebelumnya memiliki berat sekitar 10 kg. Untuk membuatnya, chef di Plymouth harus menghabiskan waktu lebih dari dua jam. Sedangkan proses pemanggangan dilakukan di oven, karena wajan biasa tidak cukup untuk menampung burger ini.

Pemilik Plymouth, Dave Cossar berencana memotong burger ini menjadi beberapa bagian dan membagikannya ke pengunjung restoran. Ia tidak berencana menjual burger raksasa ini.

“Burger ini berukuran raksasa dan terbuat dari 100 persen daging sapi dan berbagai bumbu,” ujar Cossar.

Sementara itu, rekor burger terbesar di Amerika Serikat dipecahkan salah satu restoran di Minnesota pada tahun lalu. Berat burger tersebut mencapai hingga 1 ton.

Sumber: detik.com