Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Buru Orang Tua Pembuang Bayi di Pasar Penuin
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 05-09-2013 | 13:17 WIB
kaki bayi.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam -  Tim Buser Polsek Lubuk Baja masih terus mencari keberadaan orang tua yang tega membuang bayi di tempat pembuangan sampah Pasar Penuin. Untuk melakukan penyelidikan, petugas sudah memeriksa dua orang saksi dalam kasus ini.

"Kami masih mencari keberadaan orang tua yang membuang bayi di Pasar Penuin," kata Kapolsek Lubuk Baja, Kompol Aris Rusdiyanto, kepada wartawan, hari ini.

Hingga hari ini, penyidik telah memeriksa dua orang saksi untuk dimintai keterangan. Kedua saksi itu adalah Suhermi, petugas kebersihan yang pertama kali menemukan jasad bayi perempuan di tempat pembuangan sampah di Pasar Penuin, bersama salah seorang temannya, Deden.

Disinggung tentang hasil visum, Aris mengatakan belum mendapatkan hasilnya sebab masih menunggu keterangan dari dokter RS BP Kawasan.

"Hasil visumnya belum ada. Tapi diperkirakan usia bayi baru satu hari," lanjutnya.

Sesosok orok bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan petugas kebersihan di tempat pembuangan sampah Pasar Penuin, Rabu (4/9/2013) sekitar pukul 8.00 WIB. Saat ditemukan, orok bayi yang terbungkus kantong plastik warna merah itu sudah tak bernyawa.

Menurut keterangan Deden (35), petugas kebersihan Pasar Penuin, orok bayi perempuan itu pertama kali ditemukan oleh temannya sesama petugas kebersihan, Suhermi. Saat akan mengumpulkan sampah dari gerobak di tempat pembuangan sampah, Suhermi begitu terkejut melihat bayi yang masih merah terbungkus di dalam kantong plastik, yang diduga dibuang ibunya.

"Orok bayi itu di dalam kantong plastik merah. Masih ada ari-arinya dan bayinya masih kemerahan," kata Deden kepada wartawan di lokasi kejadian.

Menurutnya, bayi malang itu sepertinya sudah tak bernyawa saat ditemukan di tempat pembuangan sampah, dan saksi yang menemukan langsung melaporkan kejadian tersebut ke warga sekitar dan aparat kepolisian.

Petugas Polsek Lubuk Baja dan tim Identifikasi Satreskrim Polresta Barelang yang terjun ke lokasi kejadian langsung melakukan olah TKP. Selanjutnya jazad bayi dibawa ke RS BP Batam untuk dilakukan visum. (*)

Editor: Dodo